Aini, Mawarina Nurul (2023) An analysis of students’ difficulties in writing recount text in eleventh-grade of sma n 1 bae kudus academic year 2022/2023. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version Download (651kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version Download (484kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (438kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (518kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (446kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (365kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (252kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Menulis adalah cara untuk menghasilkan bahasa dan mengekspresikan ide, perasaan, dan pendapat. Umumnya, menulis adalah hal yang paling sulit bagi siswa karena harus melalui proses yang panjang. Berdasarkan informasi dari Guru Bahasa Inggris kelas sebelas SMA N 1 Bae Kudus, peneliti tertarik untuk mengetahui kesulitan dalam menulis recount text. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menulis recount text di kelas sebelas SMA 1 BAE KUDUS tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif analisis. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 4 dan XI IPA 7 SMAN 1 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023, sedangkan sampelnya 72 siswa. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan dokumentasi seperti tes siswa yang diberikan oleh guru bahasa Inggris. Kemudian, peneliti menganalisis dan mengklasifikasikan recount text siswa berdasarkan aspek penulisan yang harus diperhatikan oleh siswa dalam menulis recount text yaitu isi, organisasi, tata bahasa, kosa kata, dan mekanika. Setelah menganalisis data, peneliti menemukan kesulitan siswa dalam menulis teks recount dalam lima kategori: isi (21,3%), organisasi (19,4%), kosa kata (19,7%), penggunaan bahasa (18,5%). %), dan mekanik (21,1%). Oleh karena itu, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan bahasa merupakan skor terendah yang dibuat oleh siswa. Selanjutnya dapat disimpulkan bahwa kesulitan dalam menulis recount text oleh siswa kelas XI IPA 4 dan XI IPA 7 SMA N 1 BAE Kudus tahun pelajaran 2022/2023 adalah pada bagian Penggunaan Bahasa dengan skor terendah 984 (18,5% ). Hal itu terjadi karena siswa kurang memahami tentang tenses yang digunakan dalam recount text. Para siswa harus belajar dari kesalahan dan kesulitan yang mereka buat dan harus berlatih untuk membuat produk tulisan teks recount yang baik dan benar. Mereka harus memotivasi diri mereka sendiri dalam belajar bahasa Inggris, terutama menulis.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1: Dr. Muh. Syafei, M. Pd. DOSEN PEMBIMBING 2: Agung Dwi Nurcahyo, S. S, M. Pd |
Kata Kunci: | Students’ Difficulties, Writing, Recount Text |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 01:25 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 01:25 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20628 |
Actions (login required)
View Item |