WIWIT, WIWIT (2023) Pengembangan metode steam dengan media loose parts dalam pembelajaran kolaboratif di taman kanak-kanak se-kecamatan pamotan rembang. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (halaman judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (848kB) | Preview |
Preview |
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (120kB) | Preview |
Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (325kB) | Request a copy |
|
Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (635kB) | Request a copy |
|
Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (690kB) | Request a copy |
|
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (91kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (155kB) | Preview |
Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang bagaimana langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi hasil belajar anak dari pengembangan metode STEAM dengan media loose parts dalam pembelajaran kolaboratif di TK Se-Kecamatan Pamotan Rembang. Hepotesis yang dilakukan adalah guru dan orangtua membutuhkan modul tentang metode STEAM dengan media loose parts dalam pembelajaran, metode steam dengan media loose parts dapat didesain sesuai dengan kebutuhan guru dan orangtua, perangkat pembelajaran metode STEAM dengan media loose parts dalam pembelajaran, metode steam dengan media loose parts layak dan efektif digunakan di TK se-kecamatan Pamotan Rembang. Jenis metode penelitian ini adalah metode penelitian terapan dengan jenis mixmethods yang memiliki varian exploratory design. Desain penelitian menggunakan Penelitian dan Pengembangan (Research and Development atau R&D) dengan tiga tahap yaitu : Tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan dan tahap validasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan observasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah guru, orangtua dan anak didik kelompok B di TK Se-Kecamatan Pamotan Rembang. Penelitian ini menggunakan data teknik analisa data yang digunakan untuk mengolah data hasil revieu para ahli. Untuk menentukan kesimpulan yang telah dicapai, tabel tingkat validasi telah ditetapkan dengan nilai rata-rata di atas 3,20. Apabila nilai yang dihasilkan sesuai yang diletapkan maka modul pembelajaran STEAM dengan media loosepart dalam pembelajaran kolaboratif layak digunakan di Taman Kanak-kanak se-kecamatan Pamotan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Model pembelajaran STEAM dengan media loosepart efektivitas dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini, hal ini berdasarkan hasil tes bahwa anak yang diberi pembelajaran dengan menggunakan pengembangan model STEAM dengan media loose parts lebih baik kemampuan kreatifitasnya dibandingkan dengan anak yang diberi pemebelajaran konvesional. Hal tersebut menandakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pengembangan model STEAM dengan media loose parts untuk kreativitas anak usia dini di Kota Rembang lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1: Dr. Mochamad Wijanarko, S,Psi, M.Si Dosen Pembimbing 2: Dr. Nur Fajri, M.Pd |
Kata Kunci: | STEAM, Loose Parts, Pembelajaran Kolaboratif |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 18:21 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 18:21 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20636 |
Actions (login required)
View Item |