Pengaruh pembelajaran flipped classroom berbantu plickers terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik

HARDIKA, VIKI FANDI (2023) Pengaruh pembelajaran flipped classroom berbantu plickers terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (846kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (837kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (732kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan (1) Menganalisis pengaruh model Pembelajaran Flipped Classroom dengan penilaian berbasis online Terhadap Motivasi belajar pembelajaran matematika Sekolah Dasar di Gugus Gunung Agung Kecamatan Mijen Kabupaten Demak. (2) Menganalisis pengaruh model Pembelajaran Flipped Classroom dengan penilaian berbasis online terhadap hasil belajar pembelajaran matematika Sekolah Dasar di Gugus Gunung Agung Kecamatan Mijen Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan model Quasi Eksperimental dengan desain eksperimen sederhana (Pretest and Posttest Control Group Design). Populasi Penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SD Negeri di Gugus Gunung Agung Kecamatan Mijen Kabupaten Demak. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SD Negeri Gempolsongo sebagai kelas eksperimen (flipped classroom) dan peserta didik kelas VI SD Negeri Bermi sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang akan dipakai pada penelitian ini adalah purposive sampling. Variabel penelitian yaitu model pembelajaran flipped classroom sebagai variable bebas (X) sedangkan variable terikatny adalah motivasi belajar (Y1) dan hasil belajar (Y2). Instrument penelitian berupa tes dan angket. Analisis data menggunakan deskripsi data, uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji Manova (Multivariate Analysis of Variance). Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantu plickers terhadap motivasi belajar peserta didik berdasarkan uji manova dengan sig hitung sebesar 0,000 maka 0,000 < 0,05 dan pengaruhnya sebesar 80,6%. 2) terdapat pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantu plickers terhadap hasil belajar peserta didik berdasarkan uji manova dengan sig hitung sebesar 0,000 maka 0,000 < 0,05 dengan pengaruh sebesar 61,8%. Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantu plickers terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik Kelas VI SD di Gugus Gunung Agung Kecamatan Mijen Kabupaten Demak.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Eko Darmanto, S.Kom., M.Cs., MTA. Dosen Pembimbing II: Dr. Sri Utaminingsih, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Flipped Classroom, Plickers, motivasi dan Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Mar 2024 18:25
Last Modified: 08 Mar 2024 18:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20637

Actions (login required)

View Item View Item