Penerapan konseling rational emotive therapy untuk mengatasi kecemasan dalam pelaksanaan ujian akhir semester

Handayani, Putri (2023) Penerapan konseling rational emotive therapy untuk mengatasi kecemasan dalam pelaksanaan ujian akhir semester. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk menentukan faktor-faktor yang menyebabkan kecemasan dalam pelaksanaan ujian akhir semester, 2. Mengatasi kecemasan dalam pelaksanaan ujian akhir semester dengan menggunakan konseling Rational Emotif Therapy(RET). Kecemasan adalah suatu keadaan tegang yang memotivasi kita untuk berbuat sesuatu. Artinya kecemasan adalah suatu respon emosi dari dalam diri individu yang secara subjektif dialami dan hendak dikomunikasikan secara interpersonal. Indikator kecemasan pelaksanaan ujian akhir semester 1) Kepala Sakit (Pusing), 2) Tangan Gemetar, 3) Khawatir dan Takut, 4) Sukar Tidur, 5) Keringat Berlebihan, 6) Kurang Percaya Diri. Maka diberikan layanan konseling Rational Emotive Therapy (RET) merupakan teori yang komprehensif karena menangani masalah-masalah yang berhubungan dengan individu secara keseluruhan yang mencakup aspek emosi, kognisi dan perilaku. Penelitian akan dilaksanakan di SMAN 01 Jekulo Kudus dengan beberapa siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini adalah guru BK, guru wali kelas, siswa dan teman. Teknik analisis data kualitatif yaitu dengan pengumpulan data dan identifikasi kasus. Hasil penelitian konseli I diketahui HNM merupakan siswa kelas XII-MIPA 5 SMAN 01 Jekulo Kudus saat ini berusia delapan belas tahun. HNM salah satu siswa yang mempunyai masalah kecemasan dalam menghadapi ujian akhir semester, karena ketakutan saat mengerjakan soal-soal, grogi, pusing, lupa/blank saat mengerjakan soal-soal, kurang konsentrasi, dan takut akan persaingan nilai dikelas. Menurut beberapa informasi yang berhasil dikumpulkan peneliti kecemasan yang dialami HNM sangat menghantuinya karena faktor internal dan eksternal yang membuat takut dan cemas seperti mengeluarkan keringat dingin, sering buang air kecil, bingung ketika memilih jawaban. Konseli ke II AMDA merupakan siswa kelas XII-MIPA 5 di SMAN 01 Jekulo Kudus yang saat ini berusia delapan belas tahun. AMDA salah satu siswa yang mempunyai masalah kecemasan dalam menghadapi ujian akhir semester yang ditandai dengan kurang percaya diri, kurangnya pemahaman materi, dan adanya tuntutan dari orang tua untuk mendapatkan nilai yang bagus, ketakutan, grogi, tidak percaya diri, sering merasa pusing, bingung. Menurut beberapa informasi yang berhasil dikumpulkan peneliti kecemasan yang dialami AMDA sangat menganggu emosionalnya karena faktor internal dan eksternal yang membuat AMDA tidak percaya diri dan berfikir yang irasional. Kesimpulan dari hasil penelitian ini sebagai berikut: (1)faktor yang menyebabkan kecemasan saat menghadapi ujian akhir semester pada konseli I adalah persaingan nilai dikelas. Kemudian untuk konseli II adalah takut mendapatkan nilai yang rendah, (2) perubahan perilaku yang ditunjukan pada konseli I adalah dirinya menerima kenyataan bahwa nilai yang diperoleh temannya yang lebih bagus karena setiap individu memiliki potensi tersendiri dan nilai yang bagus bukan berarti dia akan menjadi orang yang pintar dan sukses, tapi nilai yang pas-pasan juga bisa menjadi orang sukses asal ada keyakinan dalam dirinya sendiri. Perubahan pada konseli II selalu bersyukur dengan hasil yang diperoleh karena usaha tidak akan menghianati hasil. Saran yang diberikan kepala sekolah yaitu (1) Kepala Sekolah memberikan kepercayaan sera dukungan kepada guru bimbingan dan konseling di SMAN 01 Jekulo Kudus dalam memberikan pelayanan bimbingan dan konseling kepada peserta didik. (2) Bagi siswa Siswa diharapkan mampu mengontrol dirinya agar tidak lagi mengalami kecemasan atau ketakutan, dan memahami akibat yang ditimbulkan dari masalah kecemasan menghadapi ujian akhir semester, sehingga siswa mampu mengikuti ujian akhir semester dengan tenang. (3) Bagi Guru BK dapat menggunakan hasil pertemuan dengan peneliti untuk lebih memperhatikan konseli dan mengenali permasalahan-permasalahan siswa di SMAN 01 Jekulo Kudus secara lebih mendalam. (4) Bagi peneliti Peneliti diharapkan kedepannya dapat menerapkan konseling rational emotif therapy dengan tujuan supaya mampu mengatasi permasalahan yang dialami siswa atau konseli yang berfikiran irasioanl dan mengalami kecemasan. Peneliti juga mampu meningkatkan kesabaran serta kemapuannya dalam memberikan layanan konseling individu. Dengan penerapan teknik konseling yang sesuai dengan permasalahan yang dialami konseli dan memberikan pelayanan konseling yang lebih baik dan nyaman sehingga dapat terciptanya hasil yang optimal.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dra.Sumarwiyah, M.Pd.,Kons Dosen Pembimbing 2: Dr.Gudnanto, M.Pd,Kons
Kata Kunci: Rational Emotive Therapy, Kecemasan Ujian Akhir Semester
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Mar 2024 18:34
Last Modified: 08 Mar 2024 18:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20640

Actions (login required)

View Item View Item