ZULFA, LAILA (2023) Pengaruh media pembelajaran berbasis augmented reality terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas v sd n 3 adiwarno. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (497kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (110kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (436kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (16MB) | Request a copy |
Abstrak
Berdasarkan hasil studi pendahuluan pada tanggal 31 Januari 2023 di SD N 3 Adiwarno, permasalahan yang ditemukan yaitu siswa masih kesulitan mengaplikasikan volume dan jaring-jaring bangun ruang. Sehingga siswa tidak hanya dapat mengetahui atau mengingat berbagai konsep yang telah dipelajarinya, akan tetapi juga dapat mengaplikasikan pemahaman konsep tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa meningkat dan berpengaruhnya media pembelajaran berbasis Augmented Reality terhadap pemahaman konsep matematika pada materi volume dan jaring-jaring bangun ruang kelas V SD N 3 Adiwarno. Media pembelajaran merupakan sarana pendukung dalam pembelajaran untuk menyampaikan sebuah materi. Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya 2D dan 3D ke dalam sebuah lingkungan nyata 3D lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Pemahaman konsep matematika merupakan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan sebuah konsep serta mengaplikasikannya dalam penyelesaian permasalahan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimental metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain the one group pretest posttest design.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 3 Adiwarno yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, tes, dokumentasi dengan analisis data menggunakan uji N-gain dan uji one sample t-test. Hasil Uji paired sample t test menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka rata-rata pemahaman konsep matematika siswa lebih baik setelah menggunakan media Augmented Reality. Hasil uji N-Gain peningkatan hasil belajar siswa menunjukkan angka 0,43 yang dikategorikan N-Gain skor “sedang” Kesimpulan dari penelitian ini, media pembelajaran berbasis Augmented Reality terbukti berpengaruh meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Sehingga guru dapat menggunakan media berbasis Augmented Reality dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I : Diana Ermawati, M.Pd, Dosen Pembimbing II : Lovika Ardana Riswari, M.Pd. |
Kata Kunci: | Media Pembelajaran, Augmented Reality, Pemahaman Konsep Matematika |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 12 Mar 2024 19:58 |
Last Modified: | 12 Mar 2024 19:58 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20654 |
Actions (login required)
View Item |