RAHMATIKA, SHANIA DIAN (2023) Error analysis on the use of pronouns in writing descriptive text written by tenth grade students at sma n 1 mejobo in the academic year 2022/2023. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (halaman judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (824kB) | Preview |
Preview |
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (398kB) | Preview |
Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (500kB) | Request a copy |
|
Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (615kB) | Request a copy |
|
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (455kB) | Request a copy |
|
Text (bab 6)
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (392kB) | Preview |
Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Keterampilan menulis Bahasa Inggris dapat dipengaruhi oleh kemampuan siswa untuk menguasai tata bahasa. Pemahaman tata bahasa diperlukan untuk melengkapi kemampuan Bahasa Inggris karena jika siswa dapat memahami tata bahasa, mereka akan lebih mudah menguasai Bahasa Inggris. Kata ganti merupakan salah satu bagian dari tata bahasa. Kata ganti adalah kata yang digunakan sebagai ganti dari kata benda. Fungsi dari kata ganti adalah untuk mengurangi pengulangan kata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan, mengetahui kesalahan yang paling dominan, dan penyebab kesalahan penggunaan kata ganti dalam menulis teks deskriptif yang ditulis oleh siswa kelas 10. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Pesertanya adalah siswa kelas X-10 SMA N 1 Mejobo tahun akademik 2022/2023. Peneliti mengumpulkan data dari tulisan siswa dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan yang paling banyak muncul adalah subject personal pronoun sebanyak 14 kesalahan atau 44%. Sedangkan berdasarkan taksonomi permukaan yang paling dominan adalah misformation sebanyak 28 kesalahan atau 96%. Dari hasil wawancara menunjukkan bahwa penyebab terjadinya kesalahan penggunaan kata ganti pada teks deskriptif yang ditulis oleh siswa adalah siswa masih bingung pada penggunaan personal pronoun & possessive pronoun karena guru tidak menjelaskan materi secara detail, siswa masih terpengaruh oleh Bahasa Indonesia, dan beberapa siswa menggunakan aplikasi terjemahan. Para siswa mengaku tidak mengecek kembali sebelum dikumpulkan ke guru karena mereka pikir itu sudah benar. Dengan demikian guru dapat lebih fokus pada kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh siswa dan siswa dapat berlatih lebih banyak dalam menulis dan belajar lebih banyak tentang kata ganti Bahasa Inggris. Oleh karena itu, guru juga dapat membantu siswa dengan meningkatkan pemahaman sistem Bahasa dalam Bahasa target.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1: Dr. Muh Syafei, M.Pd Dosen Pembimbing 2: Dr. Drs. Slamet Utomo, M.Pd. |
Kata Kunci: | Analisis Kesalahan, Kata Ganti, Teks Deskriptif |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 12 Mar 2024 20:30 |
Last Modified: | 12 Mar 2024 20:30 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20659 |
Actions (login required)
View Item |