Penerapan pembelajaran literasi budaya kudus dalam kemampuan apresiasi untuk siswa kelas v sd 1 getassrabi

ALCHUSNA, ROSMAYA RAFIDA (2023) Penerapan pembelajaran literasi budaya kudus dalam kemampuan apresiasi untuk siswa kelas v sd 1 getassrabi. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (874kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (399kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan pembelajaran literasi budaya Kudus yang belum sepenuhnya diterapkan dalam pembelajaran yang dapat mengetahui kemampuan apresiasi siswa kelas V SD 1 Getassrabi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran literasi budaya Kudus dalam kemampuan apresiasi siswa kelas V SD 1 Getassrabi. Penelitian ini membahas tentang pembelajaran literasi budaya Kudus dalam kemampuan apresiasi siswa. literasi budaya merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh semua bangsa Indonesia dalam mengetahui identitas bangsanya yaitu dengan mengapresiasi, memahami dan bersikap terhadap kebudayaan Indonesia karena menguasai dan memahami budaya sendiri termasuk berperan penting dalam menghadapi kemajuan kehidupan dan termasuk melestarikan budaya bangsa sendiri. Penelitian ini menggunakan metode gabungan (mixed methods) dengan menggunakan desain eksplanatori sekuensial (sequential explanatory) sebagai tahapan dalam melaksanakan penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di SD 1 Getassrabi dengan mengambil subjek kelas V dan guru kelas sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil pengumpulan data lainnya yakni wawancara dan observasi mendapatkan hasil bahwa proses pembelajaran literasi budaya Kudus dalam kemampuan apresiasi siswa kelas V di SD 1 Getassrabi dilakukan dengan cara belajar dengan mengaitkan budaya Kudus yang mana guru menggunakan metode pembelajaran bermain peran atau sosiodrama yaitu siswa bermain drama dengan tema budaya Kudus. Proses pembelajaran literasi budaya yang dilakukan diantaranya bermain peran dan diakhir akan disuguhkan tarian dengan lagu kota Kudus yang ditampilkan oleh siswi kelas V. Berdasarkan hasil data angket kemudian di analisis dan dari ketujuh indikator itu setiap indikatornya mendapatkan hasil diatas 90%, artinya indikator ini masuk dalam kategori sangat tinggi yang artinya kategori ini sangat baik dan dampak penerapan pembelajaran literasi budaya dapat membuat siswa memahami dan mengerti budaya lokal Kudus. Penerapan pembelajaran literasi budaya Kudus ini dapat menumbuhkan kemampuan apresiasi siswa kelas V SD 1 Getassrabi, yaitu dengan mempelajari budaya daerahnya sehingga budaya daerahnya tetap terjaga kelestariannya dan tidak akan punah seiring berjalannya waktu.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1: Dr. Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 : Ika Ari Pratiwi, S.Pd., M.Pd.,
Kata Kunci: Literasi, budaya, literasi budaya, apresiasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Mar 2024 20:24
Last Modified: 12 Mar 2024 20:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20660

Actions (login required)

View Item View Item