Students’ perception of the use of code mixing by student teacher in english class at sma n 1 kudus in academic year 2022/2023

PUTRI, PRAMATYA SUKARNO (2023) Students’ perception of the use of code mixing by student teacher in english class at sma n 1 kudus in academic year 2022/2023. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (500kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (764kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (615kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penerapan bahasa pertama tidak dapat dipisahkan dari pengajaran bahasa Inggris. Sebagai bahasa kedua, bahasa Inggris membuat guru dan siswa menghadapi masalah dan hambatan dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa. Campur kode dapat didefinisikan sebagai strategi pengajaran dan sangat penting untuk mengetahui apa persepsi siswa tentang penggunaannya di kelas bahasa Inggris untuk mendapatkan bahasa target. Penting juga untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan campur kode yang digunakan di kelas bahasa Inggris karena untuk beberapa tingkatan siswa, porsi penggunaan campur kode harus diminimalkan. Namun, berdasarkan penelitian sebelumnya tidak ada penelitian sebelumnya yang membahas bagaimana calon guru menggunakan campur kode selama program magang mereka, khususnya di kelas bahasa Inggris. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menemukan persepsi siswa tentang penggunaan campur kode oleh guru siswa di kelas bahasa Inggris. Penelitian ini melibatkan 36 siswa kelas X SMAN 1 Kudus tahun pelajaran 2022/2023 dalam kuesioner dan peneliti memperkaya data dengan menggunakan wawancara semi struktur dengan 6 siswa di kelas yang sama. Peneliti menggunakan angket terbuka untuk mengumpulkan data dan memperkuatnya dengan wawancara semi terstruktur dengan siswa di kelas yang sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki persepsi positif pada aspek kognitif, afektif, konatif, serta kelebihan dan kekurangan. Penggunaan campur kode dapat memberikan dampak yang baik dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris dan meningkatkan pengetahuan siswa. Di sisi lain, kelemahan campur kode yang digunakan guru siswa adalah membuat siswa tidak terbiasa dengan penggunaan frase bahasa Inggris yang dapat mempengaruhi kemampuan bahasa Inggris mereka. Peneliti berharap guru mempertimbangkan campur kode sehingga siswa bisa mendapatkan bahasa target mereka tetapi tidak terlalu sulit dalam memahami materi. Dan itu bisa menjadi resolusi atau pemecahan masalah dalam proses pendidikan, khususnya dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Dr. Ahdi Riyono, S.S., M.Hum. Dosen Pembimbing II : Dr. Rismiyanto, S,S., M.Pd.
Kata Kunci: Perception, Code Mixing, Student Teacher
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Mar 2024 21:23
Last Modified: 12 Mar 2024 21:23
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20667

Actions (login required)

View Item View Item