RAHAYU, SUCI (2023) Pengembangan modul incerka untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas iv sdn 1 tritis. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (387kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (190kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (307kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (259kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (387kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (111kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (132kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Permasalahan yang mendasari penelitian ini yaitu belum tersedianya bahan ajar yang sesuai dengan lingkungan yang dihadapi siswa dan guru belum menyajikan materi berbasis kearifan lokal. Selain itu, kemampuan siswa dalam memahami materi dan bacaan rendah sehingga menghambat hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis kebutuhan siswa dalam pengembangan modul INCERKA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD N 1 Tritis, (2) menguji validitas pengembangan modul INCERKA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD N 1 Tritis, (3) mendeskripsikan keefektifan pengembangan modul INCERKA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD N 1 Tritis. Modul merupakan bahan ajar yang didesain secara sistematis berdasarkan kurikulum dengan bahasa yang mudah dipahami dan dikemas dalam bentuk satuan pembelajaran terkecil yang dapat dipelajari dalam waktu tertentu untuk kepentingan belajar siswa secara mandiri maupun dengan bimbingan dari pendidik. Kearifan lokal adalah gagasan, nilai-nilai, pandangan-pandangan yang diyakini dan dipatuhi oleh masyarakat serta diwariskan turun temurun dari generasi ke generasi. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Prosedur penelitian yang digunakan terdiri dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validitas desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Modul INCERKA akan diuji cobakan siswa kelas IV SDN 1 Tritis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi, tes, dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan modul INCERKA memiliki kriteria sangat layak berdasarkan validasi ahli materi 87,50%, ahli media 97,58% dan guru 100%. Berdasarkan hasil validitas disimpulkan bahwa modul INCERKA berbasis kearifan lokal Jepara sangat layak digunakan siswa dalam pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini adalah modul INCERKA untuk meningkatkan hasil belajar siswa sangat layak digunakan dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa karena lebih bermakna, menyenangkan dan bervariasi.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I :Dr. Erik Aditia Ismaya, S. Pd., M.A, Dosen Pembimbing II :Lintang Kironoratri, S. Pd., M. Pd. |
Kata Kunci: | : Modul, INCERKA, Kearifan Lokal Jepara, Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 12 Mar 2024 23:25 |
Last Modified: | 13 Mar 2024 00:05 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20678 |
Actions (login required)
View Item |