Penerapan model pembelajaran teams games tournament berbantuan media monogaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran ipas kelas iv sd n 1 pelemkerep

AISAH, DEWI (2023) Penerapan model pembelajaran teams games tournament berbantuan media monogaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran ipas kelas iv sd n 1 pelemkerep. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (745kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media Monogaya pada siswa kelas IV SD N 1 Pelemkerep dengan materi keragaman budaya Indonesia. Hasil belajar merupakan hasil yang didaptkan oleh siswa selama kegiatan belajar mengajar, baik dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotorik sebagai hasil dari kegiatan siswa. Model pembelajaran. Teams Games Tournament merupakan model pembelajaran kooperatif yang menempatkan siswa secara berkelompok yang melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa ada perbedaan status. Media monogaya adalah media monopoli keragaman budaya. Media ini merupakan media pembelajaran visual dengan konsep permainan yang dapat mengenalkan budaya Indonesia. Media MONOGAYA dapat melatih siswa untuk berjiwa kompetitif, membuat pembelajaran lebih menarik, siswa dapat belajar sambil bermain, berpikir kritis, belajar dan menyenangkan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD N 1 Pelemkerep dengan subjek penelitian 15 siswa yang terdiri dari 5 siswa laki-laki, 10 siswa perempuan dan guru yang berlangsung selama 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keterampilan mengajar guru, hasil belajar siswa sedangkan variabel bebasnya adalah model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media monogaya. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa. Keterampilan mengajar guru pada siklus I siklus I mencapai 75% dan pada siklus II mengalami peningkatan 85%. Pada ranah kognitif siklus I mengalami peningkatan dengan presentase rata-rata 67%, dan pada siklus II meningkat menjadi 73%. Hasil belajar siswa pada ranah sikap siklus I memperoleh rata-rata 67% dan pada siklus II meningkat menjadi 73%. Hasil belajar siswa pada ranah keterampilan siklus I memperoleh rata-rata 70% dan pada siklus II meningkat menjadi 82%. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan menerapkan model Teams Games Tournament berbantuan media Monogaya dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa kelas IV SD N 1 Pelemkerep.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A Dosen Pembimbing II : Ahmad Bakhruddin, S.Pd.I., M.Pd.
Kata Kunci: Tames Games Tournamnet, Hasil Belajar, MONOGAYA
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Mar 2024 23:29
Last Modified: 12 Mar 2024 23:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20681

Actions (login required)

View Item View Item