Pengaruh model pembelajaran "problem based learning" berbantuan teka teki silang terhadap peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar siswa sekolah dasar kecamatan mlonggo kabupaten jepara

TRIANINGSIH, RIRIS (2023) Pengaruh model pembelajaran "problem based learning" berbantuan teka teki silang terhadap peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar siswa sekolah dasar kecamatan mlonggo kabupaten jepara. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAN III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Trianingsih, Riris. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Teka-Teki Silang Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar.Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Universitas Muria Kudus. Pembimbing I: Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd, M.A. Pembimbing II: Dr. Khamdun, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: Problem Based Learning, teka-teki silang, motivasi belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan Teka -Teki Silang terhadap hasil belajar siswa pada materi IPA siswa kelas VI Sekolah Dasar, untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan Teka-Teki Silang terhadap motivasi belajar siswa pada materi IPA siswa kelas VI Sekolah Dasar, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh problem based learning berbantuan Teka-Teki Silang terhadap hasil belajar siswa pada materi IPA siswa kelas VI Sekolah Dasar dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh problem based learning berbantuan Teka-Teki Silang terhadap motivasi belajar siswa pada materi IPA siswa kelas VI Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi ekperimental design. Desain dari dari Quasi Experimental Design yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design, pada desain jenis ini kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket dan tes. Analisis akhir digunakan sebagai data penarik kesimpulan hasil penelitian. Data yang dianalisis harus dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas untuk nilai posttest. Uji yang digunakan untuk analisis akhir adalah uji t-test . Adapun hasil dari penelitian ini adalah: Ada Pengaruh model problem based learning berbantuan Teka-Teki Silang terhadap motivasi belajar siswa pada materi IPA siswa kelas VI Sekolah Dasar terhadap hasil belajar siswa pada materi IPA siswa kelas VI Sekolah Dasar. Terlihat bahwa t hitung adalah -12,845 dengan probabilitas/tingkat signifikansi (0,000 > 0,05). Ada Pengaruh model problem based learning berbantuan Teka-Teki Silang terhadap motivasi belajar siswa pada materi IPA siswa kelas VI Sekolah Dasar.Terlihat bahwa t hitung adalah 2.322 dengan probabilitas/tingkat signifikansi (0,036 > 0,05) . Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat pada nilai pretest dan nilai posttest pada kelas eksperimen dan kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen, pretest memiliki rata-rata 66,53 dan posttest memiliki rata-rata 88,53. Terdapat kenaikan 22. pada kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning dan media teka-teki silang. Sedangkan pada kelas kontrol, terdapat kenaikan sebesar 8,8 yang ditunjukkan dengan nilai rerata pretest sebesar 66,33 dan nilai rerata posttest sebesar 75,13. Terdapat perbedaan peningkatan motivasi belajar siswa yang dapat dilihat, pada kelas eksperimen dan kelas control,. Pada kelas eksperimen, memiliki rata-rata 82,73 dan kelas control 76,93. Terdapat kenaikan 5,8. pada kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning dan media teka-teki silang.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING I Dr. Erik Aditia Ismaya, S. Pd, M.A Dosen pembimbing II Dr. Khamdun, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Problem Based Learning, teka-teki silang, motivasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Mar 2024 23:55
Last Modified: 13 Mar 2024 00:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20683

Actions (login required)

View Item View Item