TRIANINGSIH, RIRIS (2023) Pengaruh model pembelajaran "problem based learning" berbantuan teka teki silang terhadap peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar siswa sekolah dasar kecamatan mlonggo kabupaten jepara. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAN III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Trianingsih, Riris. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Teka-Teki Silang Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar.Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Universitas Muria Kudus. Pembimbing I: Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd, M.A. Pembimbing II: Dr. Khamdun, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: Problem Based Learning, teka-teki silang, motivasi belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan Teka -Teki Silang terhadap hasil belajar siswa pada materi IPA siswa kelas VI Sekolah Dasar, untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan Teka-Teki Silang terhadap motivasi belajar siswa pada materi IPA siswa kelas VI Sekolah Dasar, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh problem based learning berbantuan Teka-Teki Silang terhadap hasil belajar siswa pada materi IPA siswa kelas VI Sekolah Dasar dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh problem based learning berbantuan Teka-Teki Silang terhadap motivasi belajar siswa pada materi IPA siswa kelas VI Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi ekperimental design. Desain dari dari Quasi Experimental Design yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design, pada desain jenis ini kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket dan tes. Analisis akhir digunakan sebagai data penarik kesimpulan hasil penelitian. Data yang dianalisis harus dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas untuk nilai posttest. Uji yang digunakan untuk analisis akhir adalah uji t-test . Adapun hasil dari penelitian ini adalah: Ada Pengaruh model problem based learning berbantuan Teka-Teki Silang terhadap motivasi belajar siswa pada materi IPA siswa kelas VI Sekolah Dasar terhadap hasil belajar siswa pada materi IPA siswa kelas VI Sekolah Dasar. Terlihat bahwa t hitung adalah -12,845 dengan probabilitas/tingkat signifikansi (0,000 > 0,05). Ada Pengaruh model problem based learning berbantuan Teka-Teki Silang terhadap motivasi belajar siswa pada materi IPA siswa kelas VI Sekolah Dasar.Terlihat bahwa t hitung adalah 2.322 dengan probabilitas/tingkat signifikansi (0,036 > 0,05) . Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat pada nilai pretest dan nilai posttest pada kelas eksperimen dan kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen, pretest memiliki rata-rata 66,53 dan posttest memiliki rata-rata 88,53. Terdapat kenaikan 22. pada kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning dan media teka-teki silang. Sedangkan pada kelas kontrol, terdapat kenaikan sebesar 8,8 yang ditunjukkan dengan nilai rerata pretest sebesar 66,33 dan nilai rerata posttest sebesar 75,13. Terdapat perbedaan peningkatan motivasi belajar siswa yang dapat dilihat, pada kelas eksperimen dan kelas control,. Pada kelas eksperimen, memiliki rata-rata 82,73 dan kelas control 76,93. Terdapat kenaikan 5,8. pada kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning dan media teka-teki silang.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING I Dr. Erik Aditia Ismaya, S. Pd, M.A Dosen pembimbing II Dr. Khamdun, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Problem Based Learning, teka-teki silang, motivasi belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 12 Mar 2024 23:55 |
Last Modified: | 13 Mar 2024 00:03 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20683 |
Actions (login required)
View Item |