Analisis karakteristik kesulitan belajar membaca permulaan pada siswa kelas 1 di sd n 2 kaliwungu

ARIYANI, DINA PUTRI (2023) Analisis karakteristik kesulitan belajar membaca permulaan pada siswa kelas 1 di sd n 2 kaliwungu. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (986kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (900kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstrak

Kesulitan membaca adalah hambatan dalam membaca yang dialami oleh siswa. Hal itu dibuktikan dengan kenyataan yang ditemui di SD N 2 Kaliwungu yaitu terdapat 5 siswa yang mengalami kesulitan membaca. Hal ini disebabkan karena siswa lambat dan sering lupa ketika sedang berlatih membaca, seperti mengenal huruf atau membaca suku kata. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis karakteristik kesulitan-kesulitan siswa dalam membaca di kelas 1 SD 2 Kaliwungu, untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan membaca pada siswa kelas 1 di SD N 2 Kaliwungu, dan untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca pada siswa kelas 1 di SD N 2 Kaliwungu. Faktor-faktor kesulitan membaca merupakan hal-hal yang dapat mempengaruhi suatu keadaan atau penyebab dari kesulitan dalam membaca. Upaya dalam mengatasi kesulitan membaca merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk mencapai maksud tertentu. Hal tersebut berkaitan dengan mengatasi kesulitan membaca yang dialami oleh siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SD N 2 Kaliwungu dengan subjek penelitian siswa dan guru kelas 1. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa kelima siswa kelas 1 tersebut mengalami kesulitan membaca, diantaranya kesulitan mengenali dan mengidentifikasi huruf abjad, ketika membaca menghilangkan huruf abjad, belum mampu membedakan huruf yang hampir mirip ketika membaca, kesulitan dalam mengeja huruf dan suku kata, kesulitan dalam melafalkan gabungan huruf konsonan, kesulitan dalam melafalkan gabungan huruf diftong, dan kesulitan dalam melafalkan huruf “r”. Faktor penyebab kesulitan membaca siswa yaitu faktor fisiologis, faktor intelektual, faktor lingkungan, dan faktor psikologis. Upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa, diantaranya ketepatan dalam menggunakan media pembelajaran, pemberian motivasi belajar membaca, dan mengajak siswa ke perpustakaan untuk meminjam dan membaca buku. Penelitian ini hendaknya guru dapat lebih memvariasikan metode atau strategi pembelajaran agar siswa di dalam kelas dapat dikondisikan, sehingga ruang kelas nyaman untuk belajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 : F. Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd, DOSEN PEMBIMBING 2 : Much Arsyad Fardani, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Kesulitan Membaca, Faktor Penyebab, Upaya Guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Mar 2024 18:29
Last Modified: 13 Mar 2024 21:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20689

Actions (login required)

View Item View Item