Teknik reward and punishment dalam pembelajaran pkn pada siswa kelas v sd 06 kandangmas

RISASONGKO, ANJAR ANGGITA (2023) Teknik reward and punishment dalam pembelajaran pkn pada siswa kelas v sd 06 kandangmas. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (696kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Pentingnya motivasi belajar sebagai keseluruhan daya penggerak dalam diri siswa yang mampu menimbulkan semangat dalam belajar sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Oleh karenanya, perlu adanya suatu teknik pembelajaran yang dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa yaitu dengan menerapkan teknik reward and punishment dalam pembelajaran. Adapun rumusan masalah yaitu Bagaimana bentuk penerapan reward and punishment dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan teknik reward and punishment untuk meningkatkan motivasi belajar siswa?. Sedangkan tujuannya untuk mengetahui bagaimana bentuk penerapan teknik reward and punishment pada muatan pelajaran PKn guna menumbuhkan motivasi belajar siswa dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam proses memotivasi siswa melalui teknik reward and punishment. Motivasi belajar sebagai pendorong usaha dalam mencapai prestasi belajar, mampu menentukan arah perbuatannya kearah tujuan yang hendak dicapai. Rendahnya motivasi belajar akan berdampak buruk bagi keberlangsungan proses belajar. Pengertian reward sendiri yaitu suatu alat untuk mendidik anak agar merasa senang atas perbuatan yang berhasil didapatkannya. Sedangkan punishment yaitu sebagai reinforcement negative yang tujuannya untuk memperbaiki dan mengarahkan siswa ke arah yang benar, dan bukan suatu praktik hukuman atau siksaan untuk menimbulkan kreativitas. Dalam penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan objek penelitian siswa kelas V SD 6 Kandangmas, Dawe Kabupaten Kudus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan cara penjodohan pola, dan pembuatan eksplanasi. Untuk mengecek keabsahan data dalam penelitian ini penulis menggunakan tiangulasi sumber. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bentuk unik yang diterapkan yakni dengan memberikan reward berupa alat tulis sekolah, bentuk simbolis berupa gambar bintang, lisan, penguatan, permen, jajan atau snack, uang dua ribu rupiah, adanya yel-yel dalam belajar, memberikan acungan jempol dan mengusap kepalanya. Sedangkan bentuk punishment yakni dengan memberikan penguatan, menyanyikan lagu nasional maupun daerah, hukuman yang bersifat edukatif, membersihkan ruangan, berdiri di depan kelas, tambahan tugas, dan dalam bentuk lisan maupun tertulis. Faktor pendukung dan penghambat berasal dari luar maupun dari dalam diri siswa sendiri. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu dalam penerapan teknik reward and punishment di SD 6 Kandangmas memiliki keunikan tersendiri baik dalam berbagai bentuk lisan, tertulis maupun simbolis yang dimana mampu menumbuhkan motivasi belajar pada peserta didik, sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 : Much. Arsyad Fardani, S.Pd., M.Pd. DOSEN PEMBIMBING 2 : Lovika Ardana Riswari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Reward and Punishment
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Mar 2024 19:03
Last Modified: 13 Mar 2024 21:49
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20696

Actions (login required)

View Item View Item