Pengembangan lembar kerja siswa (lks) berbasis masalah untuk pembelajaran matematika siswa kelas v sekolah dasar di kecamatan pamotan Kabupaten rembang

KUSRIYATI (2023) Pengembangan lembar kerja siswa (lks) berbasis masalah untuk pembelajaran matematika siswa kelas v sekolah dasar di kecamatan pamotan Kabupaten rembang. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (689kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (804kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (608kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (827kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis masalah untuk pembelajaran matematika siswa kelas V Sekolah Dasar (2) Menganalisis kelayakan hasil pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis masalah untuk pembelajaran matematika siswa kelas V Sekolah Dasar (3) Menganalisis kepraktisan pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis masalah untuk pembelajaran matematika siswa kelas V Sekolah Dasar, (4). Menganalisis keefektifitas pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis masalah untuk pembelajaran matematika siswa kelas V Sekolah Dasar. Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe animate ini menggunakan metode penelitian Reasearch and Development yang biasa disebut dengan R & D atau Penelitian dan Pengembangan.Menurut Sugiyono (2019: 28) Penelitian dan pengembangan berfungsi untuk memvalidasi dan mengembangkan produk. Memvalidasi produk, berarti produk itu telah ada, dan peneliti hanya menguji efektivitas atau validitas produk tersebut. Mengembangkan produk dalam arti yang luas dapat berupa memperbarui produk yang telah ada (sehingga menjadi lebih praktis, efektif, dan efisien) atau menciptakan produk baru (yang sebelumnya belum pernah ada). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian dan pengembangan mengacu pada model pengembangan Borg & Gall yang terdiri atas 10 langkah. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas V Sekolah Dasar, di tiga SD yaitu SDN 1 Pamotan, SDN 2 Pamotan, SDN 5 Pamotan, di Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang pada semester genap 2021/2022. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan tes. Uji keabsaham data terdiri dari uji validitas produk dan validitas instrumen. Sedangkan teknik analisis data uji prasyarat analisis (uji normalitas dan homogenitas) dan paireid indepentent sample t test. Hasil penelitian dan kesimpulan adalah 1) pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis masalah berdasarkan analisis kebutuhan digunakan dalam pembelajaran matematika siswa kelas V SD. Proses Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis masalah adalah menentukan judul LKS, mencantumkan Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, gambaran apersepsi dalam pembelajaran, menyusun materi pecahan dengan penjelasan singkat dan latihan soal 2) terdapat kelayakan hasil pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan penilaian dari ahli materi dan ahli media dalam kriteria layak, 3) terdapat kepraktisan pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) sesuai hasil respon siswa dan guru dalam kriteria sangat praktis.4) terdapat efektifitas pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk pembelajaran matematika siswa kelas V Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil ujicoba terbatas dan ujicoba luas dengan hasil sig hitung > taraf signifikansi (0,00 < 0,05).

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I :Dr. Eko Darmanto, M.Cs. Dosen Pembimbing II :Dr. Sumaji, M.Pd.
Kata Kunci: Pengembangan LKS, Hasil Belajar Matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Mar 2024 19:28
Last Modified: 13 Mar 2024 19:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20700

Actions (login required)

View Item View Item