APRILIANI, NIKE ARDITHA (2023) Meningkatkan motivasi belajar daring melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik numbered heads together pada siswa kelas viii h smp negeri 1 jati Kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (450kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (186kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (288kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (303kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (654kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (97kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (97kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan Penelitian adalah: 1.Mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar daring pada siswa kelas VIII H di SMP Negeri 1 Jati Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023. 2. Di perolehnya peningkatan motivasi belajar daring melalui layanan bimbingan kelompok teknik Numbered Heads Together pada siswa kelas VIII H di SMP Negeri 1 Jati Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023. Layanan bimbingan kelompok adalah layanan yang dilakukan oleh sekelompok orang dengan memanfaatkan dinamika kelompok dalam rangka pemberian bantuan yang dilakukan secara berkelompok untuk mencegah timbulnya masalah dalam pengembangan pribadi seseorang. Tahapan Dalam Numbered Heads Together terdapat empat tahapan dalam pelaksanaanya diantarannya, tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, observasi dan reflesi. Motivasi belajar merupakan suatu proses gerakan beserta dorongan dalam diri manusia untuk melakukan proses perubahan tingkah laku yang menyangkut dengan aspek pengetahuan, ketrampilan bahkan sikap. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) dengan subjek penelitian 8 peserta didik. Hasil penelitian pada motivasi belajar daring pra siklus mendapatkan skor rata-rata 10 dengan persentase 30% kategori Sangat Kurang (SB). Sedangkan pada siklus I mendapatkan skor rata-rata 18 persentase 54% kategori Cukup (C). Sedangkan pada siklus II mendapatkan skor rata-rata 30 persentase 90% kategori Sangat Baik (SB). Pada pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan Numbered Heads Together mendapatkan hasil observasiterhadap peneliti yang dilakukan saat bimbingan kelompok berlangsung yang memperoleh hasil pada siklus I peneliti mendapatkan skor 20 persentase 60% kategori cukup. Sedangkan pada siklus II mendapatkan skor 29 persentase 87% kategori sangat baik. Simpulannya hasil penelitian terjadi peningkatan motivasi belajar daring setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan Numbered Heads Together kepada siswa kelas VIII H SMP N 1 Jati Kudus dapat diterima, hal ini dibuktikan setelah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan Numbered Heads Together terjadi peningkatan sebesar 87% dari siklus I ke siklus II sedangkan pada motivasi belajar daring terjadi peningkatan sebesar 90% dari pra siklus ke siklus II.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 : Dr. Santoso, M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 : Dr. Edris Zamroni, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Motivasi Belajar Daring, Bimbingan Kelompok, Teknik Numbered Heads Together |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 13 Mar 2024 20:40 |
Last Modified: | 13 Mar 2024 20:40 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20713 |
Actions (login required)
View Item |