FAUZI, MUHAMMAD RIZAL (2023) Peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan model jigsaw berbantuan media barung (bangun ruang) pada siswa kelas v sd. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (366kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (308kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (190kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (24kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (24kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Pembelajaran dikatakan efektif apabila siswa mendapat hasil maksimal. Hasil belajar matematika di SDN 1 Gemiring Kidul tergolong rendah. Hal ini karena pembelajaran dikelas terkesan membosankan dan hanya menggunakan motode ceramah. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model Jigsaw berbantuan media barung (Bangun Ruang). Hasil belajar adalah tingkat keberhasilan proses pembelajaran yang dilakukan oleh siswa dengan bimbingan guru dengan peningkatan pengetahuan dan keterampilan serta pengembangan sikap. Model pembelajaran Jigsaw merupakan fokus pada kerja kelompok dalam bentuk kelompok kecil. Anggota kelompok bertanggung jawab terhadap keberhasilan kelompoknya dan ketuntasan materi yang dipelajari disampaikan kepada kelompok lain. Media Barung merupakan media bangun ruang kubus dan balok yang kongkrit atau nyata. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus, setiap siswa terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian membuktikkan bahwa penerapan model Jigsaw berbantuan media barung dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran matematika siswa kelas V SDN 1 Gemiring Kidul. Siklus I hasil belajar 70,17% dengan 16 siswa tuntas, aktivitas belajar 10% dengan 3 siswa tuntas. Siklus II dengan persentase 79,5 % dengan 23 siswa tuntas dan aktivitas belajar dengan 100%.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I :Lovika Ardana Riswari M.Pd. Dosen Pembimbing II :Diana Ermawati M.Pd. |
Kata Kunci: | Hasil Belajar Matematika, Model Jigsaw, Media Barung |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 13 Mar 2024 21:03 |
Last Modified: | 13 Mar 2024 21:03 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20716 |
Actions (login required)
View Item |