Peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan model jigsaw berbantuan media barung (bangun ruang) pada siswa kelas v sd

FAUZI, MUHAMMAD RIZAL (2023) Peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan model jigsaw berbantuan media barung (bangun ruang) pada siswa kelas v sd. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Pembelajaran dikatakan efektif apabila siswa mendapat hasil maksimal. Hasil belajar matematika di SDN 1 Gemiring Kidul tergolong rendah. Hal ini karena pembelajaran dikelas terkesan membosankan dan hanya menggunakan motode ceramah. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model Jigsaw berbantuan media barung (Bangun Ruang). Hasil belajar adalah tingkat keberhasilan proses pembelajaran yang dilakukan oleh siswa dengan bimbingan guru dengan peningkatan pengetahuan dan keterampilan serta pengembangan sikap. Model pembelajaran Jigsaw merupakan fokus pada kerja kelompok dalam bentuk kelompok kecil. Anggota kelompok bertanggung jawab terhadap keberhasilan kelompoknya dan ketuntasan materi yang dipelajari disampaikan kepada kelompok lain. Media Barung merupakan media bangun ruang kubus dan balok yang kongkrit atau nyata. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus, setiap siswa terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian membuktikkan bahwa penerapan model Jigsaw berbantuan media barung dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran matematika siswa kelas V SDN 1 Gemiring Kidul. Siklus I hasil belajar 70,17% dengan 16 siswa tuntas, aktivitas belajar 10% dengan 3 siswa tuntas. Siklus II dengan persentase 79,5 % dengan 23 siswa tuntas dan aktivitas belajar dengan 100%.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I :Lovika Ardana Riswari M.Pd. Dosen Pembimbing II :Diana Ermawati M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Model Jigsaw, Media Barung
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Mar 2024 21:03
Last Modified: 13 Mar 2024 21:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20716

Actions (login required)

View Item View Item