Peningkatan hasil belajar melalui metode show and tell berbantu educative game pada pembelajaran ipas kelas iv sdn sunggingwarno 01

FARADILLA, DIVA NURJIHAN (2023) Peningkatan hasil belajar melalui metode show and tell berbantu educative game pada pembelajaran ipas kelas iv sdn sunggingwarno 01. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (622kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (446kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (633kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (614kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
DAFTAR LAMPIRAN .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV di SD Negeri Sunggingwarno 01. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan guru dalam menerapkan metode Show and Tell berbantu educative game dalam meningkatkan hasil belajar, untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dalam meningkatkan meningkatkan hasil belajar melalui metode Show and Tell berbantu educative game, dan untuk mengetahui penerapan metode Show and Tell berbantu educative game dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sunggingwarno 01. Show and Tell adalah salah satu metode pembelajaran yang menekankan kepada siswa untuk melakukan kegiatan menunjukkan sesuatu yang diikuti dengan kegiatan menjelaskan. Melalui bantuan educative game berupa mainan yang dapat dimanfaatkan untuk memberikan pembelajaran karena mengandung nilai-nilai pendidikan yang berbentuk Papan Pintar yang bertujuan meningkatkan hasil belajar. Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh siswa setelah melalui kegiatan pembelajaran dalam waktu yang menetap. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang akan dilaksanakan pada siswa kelas IV SD Negeri Sunggingwarno 01 yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Show and Tell berbantu educative game mampu meningkatkan hasil belajar aspek pengetahuan dengan memperoleh 77 pada siklus I dan 82 pada siklus II, serta mampu meningkatkan hasil belajar aspek ketrampilan dengan memperoleh 76 pada siklus I dan 80 pada siklus II. Peningkatan juga terdapat pada keaktifan siswa dalam belajar dengan ditunjukkan peningkatan rata-rata presentase 77% pada siklus I dan 83% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Show and Tell berbantu educative game dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa kelas IV SD Negeri Sunggingwarno 01.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Much Arsyad Fardani, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II : Lintang Kironoratri, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Show and Tell, educative game, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 13 Mar 2024 21:28
Last Modified: 13 Mar 2024 21:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20724

Actions (login required)

View Item View Item