Penerapan model cooperative integrated reading and composition dengan berbantuan media dirgam untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa sekolah dasar

WANTIKA, YULI (2023) Penerapan model cooperative integrated reading and composition dengan berbantuan media dirgam untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa sekolah dasar. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (492kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (754kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Pembelajaran yang dilakukan di kelas VI masih berpusat pada guru. Model pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan pada saat pembelajaran kurang efektif sehingga siswa kurang tertarik mengikuti pembelajaran sehingga mengakibatkan kemampuan membaca pemahaman siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam pembelajaran dan peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui model Cooperative Integrated Reading And Composition berbantuan media dirgam. Kemampuan membaca pemahaman adalah kemampuan menguasai dan memahami isi atau informasi yang dibaca secara menyeluruh. Cooperative Integrated Reading And Composition merupakan model pembelajaran kooperatif yang mengitegrasikan suatu bacaan secara menyeluruh kemudian mengomposisikan menjadi bagian-bagian yang penting untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Digital cerita bergambar (dirgam) yang artinya media pembelajaran yang menyerupai komik yang berisi gambar-gambar percakapan seseorang yang berkaitan dengan materi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas VI SDN Mojoagug dengan subjek penelitian guru dan 17 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan yang berlangsung selama 2 siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap penelitian tindakan kelas dilakukan melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat dari siklus I memperoleh hasil rata-rata sebesar 64,70%, dan meningkat pada siklus II sebesar 82,36%. Keterampilan mengajar guru juga meningkat pada siklus I sebesar 80% dan meningkat pada siklus II sebesar 90%. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan di kelas VI SDN Mojoagung dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Cooperative Integrated Reading and Composition dengan berbantuan media dirgam dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa serta kemampuan mengajar guru. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya dapat menggunakan model yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi serta keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing II: Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Kemampuan Membaca Pemahaman, CIRC, Media Cerita Gambar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Mar 2024 20:02
Last Modified: 14 Mar 2024 20:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20729

Actions (login required)

View Item View Item