Penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media scrapbook untuk meningkatkan hasil belajar tema 1 kelas vi sd n 2 japan

Bhanowati, Intan Bestari (2023) Penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media scrapbook untuk meningkatkan hasil belajar tema 1 kelas vi sd n 2 japan. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman sampul-daftar lampiran.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan mengajar guru pada muatan IPA dan Bahasa Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Scrapbook pada tema 1 selamatkan makhluk hidup. Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang menghadirkan suatu permasalahan dalam kehidupan sehari-hari sebagai pembelajaran. Bentuk permasalahan tersebut merupakan masalah yang nyata serta dapat melatih peserta didik untuk memecahkan masalah dan menemukan solusi. Scrapbook merupakan benda sejenis album untuk mengumpulkan dokumen maupun tulisan. Penggunaan media ini dapat memudahkan siswa untuk mengingat, mengenal kembali dan menghubungkan fakta dan konsep materi kelas VI tema 1 pada muatan IPA dan Bahasa Indonesia. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku individu yang meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas VI SD 2 japan dengan subjek penelitian 17 siswa. Penelitian ini akan dilaksanakan selama 2 siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model Problem Based Learning berbantuan media Scrapbook, sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah keterampilan guru mengajar dan hasil belajar siswa pada materi kelas VI tema 1 pada muatan IPA dan Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I muatan IPA 52% (kurang) sedangkan muatan Bahasa Indonesia 64% (cukup) meningkat pada siklus II muatan IPA menjadi 76 % (baik) sedangkan pada muatan Bahasa Indonesia menjadi 82% (baik). Hasil penelitian keterampilan mengajar guru juga mengalami peningkatan, pada siklus I 69% (cukup) dan pada siklus II menjadi 82% (baik). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Scrapbook dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan mengajar guru pada tema 1. Peneliti memberi saran agar model Problem Based Learning dapat diterapkan pada pembelaharan dan dikembangkan dengan media yang lebih variatif sesuai dengan materi pembelajaran agar siswa lebih semangat dan aktif dalam belajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: F. Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd., Dosen Pembimbing II: Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd.,
Kata Kunci: Problem Based Learning, Scrapbook, Hasil Belajar dan keterampilan guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Mar 2024 20:08
Last Modified: 14 Mar 2024 20:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20730

Actions (login required)

View Item View Item