Pengembangan media pembelajaran si pathol berbasis aplikasi articulate storyline 3 mapel ipa sekolah dasar

IRSYAD, FUAD (2023) Pengembangan media pembelajaran si pathol berbasis aplikasi articulate storyline 3 mapel ipa sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (850kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (724kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (762kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) menganalisis kebutuhan guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran Si Pathol berbasis aplikasi Articulate Storyline 3 pada mapel IPA, 2) Menyusun desain media pembelajaran Si Pathol berbasis aplikasi Articulate Storyline 3 pada mapel IPA, 3) Menganalisis kelayakan media pembelajaran Si Pathol berbasis aplikasi Articulate Storyline 3 pada mapel IPA, 4) Menganalisis keefektifan media pembelajaran Si Pathol berbasis aplikasi Articulate Storyline 3 pada mapel IPA. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Research and Development (R&D) yaitu penelitian yang berkaitan dengan pengembangan produk, melalui proses perencanaan, produksi dan evaluasi validitas produk yang telah dihasilkan, dengan produk yang akan dihasilkan berupa media pembelajaran Si Pathol berbasis aplikasi Articulate Storyline 3. Prosedur penelitian yang digunakan dalam pengembangan bahan ajar ini terdiri dari 10 langkah, yaitu 1) analisis potensi dan masalah, 2) pengumpulan informasi, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk 8) ujicoba pemakaian, 9) revisi produk, dan 10) produksi masal. Namun karena pertimbangan waktu dan biaya maka dalam penelitian ini hanya dilaksanakan sampai dengan tahap ke delapan. Teknik analisis data menggunakan analisis lembar validasi, analisis angket kelayakan, angket respon guru dan peserta didik, dan analisis perolehan uji t untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran yang dikembangkan. Data keefektifan media pembelajaran Si Pathol berbasis aplikasi Articulate Storyline 3 Mapel IPA dianalisis dengan uji gain, uji t pada taraf signifikansi 0,05. Desain uji coba produk menggunakan pre-test post-test control group design pada peserta didik Kelas VI di SD Negeri 1 Karangmangu sebagai kelas eksperimen dan peserta didik SD Negeri Temperak sebagai kelas kontrol. Produk yang dikembangkan berapa media pembelajaran Si Pathol berbasis aplikasi Articulate Storyline 3. Media Pembelajaran Si Pathol berbasis aplikasi Articulate Storyline 3 dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan pada siswa dan guru kelas VI di tiga Sekolah Dasar pada Gugus sekolah Pringgadani di kecamatan Sarang Kabupaten Rembang. Si Pathol terbukti layak karena jumlah skor yang diperoleh dari dua validator masing-masing 90 dan 91 kriteria skor “sangat layak”. Hasil respon dari siswa sebesar 87,30% dan respon dari guru di tiga SD dengan rata-rata sebesar 91,67% dengan kategori produk “sangat menarik”. Penggunaan media pembelajaran Si Pathol efektif, yang terbukti dari adanya peningkatan hasil belajar. Rata-rata persentase pret-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol hampir sama, yaitu 58,95 dan 61,12. Setelah diberikan intervensi, rata-rata post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol meningkat menjadi 87,34 dan 87,80. Hasil uji t diperoleh nilai t hitung = 3,933 dengan taraf signifikansi 0,000< α = 0,05. Kesimpulan yang diperoleh yaitu pengembangan media pembelajaran Si Pathol berbasis aplikasi Articulate Storyline 3 terbukti sesuai kebutuhan, layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran dikelas VI SD. Disarankan agar guru menggunakan media pembelajaran Si Pathol berbasis aplikasi Articulate Storyline 3 dalam pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Drs. Su'ad, M.Pd., Dosen Pembimbing II: Dr. Khamdun, S.Pd., M.Pd.,
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Si Pathol, IPA, Articulate Storyline 3
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Mar 2024 20:15
Last Modified: 14 Mar 2024 20:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20731

Actions (login required)

View Item View Item