Pengembangan modul pembelajaran berbasis kearifan lokal rembang pada pelajaran ips kelas vi materi bersatu kita teguh

Kholiq, Abdul (2023) Pengembangan modul pembelajaran berbasis kearifan lokal rembang pada pelajaran ips kelas vi materi bersatu kita teguh. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (466kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (882kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (608kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (756kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini mendiskripsikan pengembangan modul pembelajaran berbasis kearifan lokal Rembang pada pelajaran IPS Kelas VI Materi Bersatu Kita Teguh. Metode penelitian dengan desain Research and Development yang meliputi 10 langkah; Research and Information Collecting, planning, Develop Preliminary Form of Product, Preliminary Field Testing, Main Product Revision, Main Field Testing, Operational Product Revision, Operational Field Testing, Final Product Revision, Dissemination and Implementation. Populasi adalah siswa kelas VI. Teknik sampling dengan purposive sampling. Data yang digunakan yakni data kuantitatif dan data kualitatif. Instrumen penelitian berupa wawancara/observasi, angket, tes, dan instrument validasi produk. Analisis data dilakukan untuk melihat perbedaan rata-rata antara kedua sampel menggunakan uji-t. Hasil penelitian didapatkan analisa kebutuhan melalui observasi dan wawancara didapatkan belum menggunkan media pembelajaran yang tepat sehingga kesulitan untuk merangsang pembelajaran IPS. Pengembangan diawali dengan studi pendahuluan, analisis, perumusan pengembangan media pembelajaran, desain media, prototype dan pengembangan instrument. Validasi ahli media didapatkan 87,9% (valid), validasi ahli materi 17,5 (valid). Hasil angket guru mendapatkan 92%, angket respon siswa 85%. Hasil analisa efektivitas pada pre test didapatkan 21,23 dan post test sebesar 34.27. Nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 sehingga menunjukkan adanya pengaruh efektivitas atau dengan kata lain Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa Pengembangan modul berbasis kearifan local rembang efektif untuk pelajaran IPS Siswa Kelas VI materi bersatu kita teguh.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Suad, M.Pd Dosen Pembimbing II: Dr. Wawan Shokib, M.Pd.
Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Kearifan Lokal Rembang, IPS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Mar 2024 20:50
Last Modified: 14 Mar 2024 20:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20734

Actions (login required)

View Item View Item