NI’MAH, FARDATUN (2023) Analisis peran komunitas belajar dalam perencanaan pembelajaran di smp 2 undaan. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
2. BAB I.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Text (BAB 2)
3. BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
4. BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
5. BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
6. BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis peran komunitas belajar dalam kegiatan guru menyusun perencanaan pembelajaran, bagaimana kegiatan di dalam komunitas belajar serta bagaimana hasil perencanaan pembelajaran yang disusun guru di dalam komunitas belajar di SMP 2 Undaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman, dimana analisis dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung, dan setelah selesai pengumpulan data dalam periode tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumen. Wawancara dilakukan pada kepala sekolah, ketua komunitas dan guru. Penelitian dilakukan dari bulan Maret sampai Agustus. Manfaat penelitian ini akan memberikan fakta akan peran Komunitas Belajar sehingga guru maupun Kepala Sekolah dengan kesadaran penuh akan mengikuti kegiatan di komunitas belajar untuk memastikan perbaikan pembelajaran. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa komunitas belajar berperan pada perbaikan terus menerus perencanaan pembelajaran guru. Kegiatan komunitas belajar yang menggunakan siklus refleksi – perencanaan – implementasi – evaluasi memberi kesempatan pada guru berkolaborasi untuk memperbaiki perencanaan yang telah disusunnya menggunakan hasil refleksi implementasi pembelajaran yang dilakukan sebelumnya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I: Dr. Fitri Budi Suryani, SS, M.Pd Dosen Pembimbing II: Dr. Erik Aditya Ismaya, MA |
Kata Kunci: | Komunitas Belajar, Perencanaan Pembelajaran |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 21:01 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 21:01 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20735 |
Actions (login required)
View Item |