Pengaruh model make a match berbantuan media kartu hilang (kahi) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas vi sd

Kirana, Rara Netra Ihya (2023) Pengaruh model make a match berbantuan media kartu hilang (kahi) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas vi sd. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (651kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilaksanakan pada tanggal 5 dan 6 Desember 2022 di SD 3 Purwosari pada siswa kelas VI, hasil belajar matematika siswa masih tergolong rendah karena 80% siswa belum tuntas, sedangkan di SD 1 Purwosari 90% siswa belum tuntas. Hal ini dikarenakan pembelajaran matematika menggunakan metode konvensional dan belum memanfaatkan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran KAHI terhadap hasil belajar matematika. Model Make a Match adalah model pembelajaran dimana setiap siswa mendapat sebuah kartu dan siswa mencari pasangan yang sesuai dengan kartu yang siswa dapatkan. Media pembelajaran KAHI merupakan kartu yang terdiri dari dua buah jenis kartu, yaitu kartu soal dan kartu jawaban yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran khusunya pada mata pelajaran matematika. Hasil belajar merupakan kemampuan yang didapatkan siswa setelah melalui kegiatan pembelajaran. Pada penelitian ini, memfokuskan hasil belajar pada ranah kognitif. Penelitian menggunakan metode penelitian ini menggunakan Quasy Experimental Design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VI SD 3 Purwosari sebagai kelas eksperimen dan kelas VI SD 1 Purwosari sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi soal tes dan dokumentasi dengan analisis data Independent Sample T-Test dan N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji Independent Sample t-Test didapatkan nilai signifikansi 0,00 dimana (0,00<0,05) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya rata-rata hasil belajar matematika siswa materi statistika yang memperoleh pembelajaan model Make a Match berbantuan media KAHI lebih baik daripada rata-rata hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional. Peningkatan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Make a Match berbantuan media KAHI berpengaruh sebesar 0,45 dengan kriteria sedang. Kesimpulan dari penelitian ini, model Make a Match berbantuan media KAHI terbukti berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa, sehingga perlu adanya pengembangan media KAHI untuk diterapkan pada materi lain agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Sumaji, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Diana Ermawati, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Model Make a Match, Media Kartu Hilang, Pembelajaran Matematika, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Mar 2024 00:19
Last Modified: 15 Mar 2024 00:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20737

Actions (login required)

View Item View Item