Efektivitas model student facilitator and explaining (sfe) berbantuan media diorama terhadap hasil belajar pendidikan pancasila siswa kelas iv sdn 1 dorang

Nissa, Azizzus Syafiratun Ainun (2023) Efektivitas model student facilitator and explaining (sfe) berbantuan media diorama terhadap hasil belajar pendidikan pancasila siswa kelas iv sdn 1 dorang. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
HAL.JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview

Abstrak

Hasil belajar merupakan perilaku yang dapat diubah dengan hasil yang diperoleh siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu penunjang pembelajaran untuk siswa yaitu model dan media. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui keefektifan dan mengetahui pengaruh besar peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Student Facilitator and Explaining berbantuan media Diorama Pendidikan Pancasila siswa kelas IV SDN 1 Dorang Jepara. Hasil belajar adalah pengalaman siswa yang mencakup ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode Kuantitatif Eksperimen dengan jenis One group Pretest-Postest Design. Subjek pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 1 Dorang Jepara yang berjumlah 30 siswa dengan menggunakan Teknik sampel non-probability sampling jenis sampel jenuh. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas expert judgement, uji paired sample T-Test untuk mengetahui penerapan model Student Facilitator and Explaining berbantuan media Diorama dan uji N-Gain untuk mengukur meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model student facilitator and explaining berbantuan media diorama Pelajaran 3 Keragaman Budaya dilingkungan sekitar pada siswa kelas IV SDN 1 Dorang Jepara efektif digunakan dalam pembelajaran dan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pernyataan tersebut diperoleh dari hasil uji Paired Sampel T-Test dan uji N-Gain pada aplikasi SPSS 25. Berdasarkan pengujian tersebut diperoleh hasil uji Paired Sampel T-Test bahwa dari hasil t hitung yaitu sebesar yaitu 16.519 > t tabel 2,052 maka dikatakan H0 ditolak dan Ha diterima, sedangkan hasil uji N-Gain yaitu sebesar 82% yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Simpulan penelitian ini yaitu: (1) Penerapan model Student Facilitator and Explaining berbantuan media diorama terbukti efektif menggunakan pembelajaran Pelajaran 3 muatan pelajaran Pendidikan Pancasila pada siswa kelas IV SDN 1 Dorang Jepara, (2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa menggunakan penerapan model Student Facilitator and Explaining berbantuan media diorama Pelajaran 3 muatan pelajaran Pendidikan Pancasila pada siswa kelas IV SDN 1 Dorang Jepara sebesar 63,1%.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1: Dr. Sri Utaminingsih, S.Pd., M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2: Santoso, S.Pd., M.pd
Kata Kunci: Efektivitas, Model Student Facilitator and Explaining, Media Diorama, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Mar 2024 00:43
Last Modified: 15 Mar 2024 00:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20738

Actions (login required)

View Item View Item