ANGGRAHENI, BINITA (2023) Pengembangan media elektronik ular tangga berbasis problem based learning pada mata pelajaran ips kelas v sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (202kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (251kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (268kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (290kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (444kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (756kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (134kB) | Preview |
Abstrak
Untuk mengatasi kesulitan siswa memahami materi pembelajaran IPS maka dibutuhkan media pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk media ular tangga berbasis PBL yang dibuat menggunakan Microsoft Powerpoint. Produk dikemas dalam bentuk CD atau soft file dilengkapi dengan buku panduan penggunaan. Media ular tangga ini bisa dimainkan di Komputer, laptop, dan HP Android. Penerapan PBL dalam media berupa kegiatan ayo amati, ayo membaca, ayo berpikir, ayo berkarya dan ayo kaji ulang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan analisis kebutuhan pengembangan media ular tangga berbasis problem based learning, (2) mengembangkan media ular tangga berbasis problem based learning , dan (3) mendeskripsikan kelayakan media ular tangga berbasis problem based learning pada mata pelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian jenisnya research & development. Desain yang digunakan dimulai dari penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba produk, revisi produk, uji coba produk, produk akhir siap digunakan. Pengumpulan data melalui wawancara dan angket validasi ahli, tanggapan guru, dan siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Media ular tangga di uji cobakan di 3 SD wilayah Kecamatan Gabus . Hasil penelitian 1) guru dan siswa membutuhkan pengembangan media ular tangga berbasis problem based learning pada mata pelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar. Media ini didesain secara digital agar bisa dimainkan pada smatrphon dan bisa difungsikan dimanapun dan kapanpun. Media yang dikembangkan juga ada petunjuk penggunaan yang jelas. 2) Pengembangan media ular tangga berbasis problem based learning meliputi menu petunjuk penggunaan, KI dan KD, materi pembelajaran, permainan, profil dan menu keluar. Berbagai menu bagian tersebut diberi desain kombinasi warna dan animasi gambar serta musik untuk menarik perhatian anak. Karakteristik media yang dibuat disesuaikan dengan usia anak, tidak mengandung unsur sara maupun kalimat ambigu yang menimbulkan multitafsir. Penggunanaan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. 3) Keefektifan media ular tangga berbasis PBL mata pelajaran IPS kelas V Sekolah Dasar, setelah melewati uji paired-samples t-test bahwa nilai kelompok eksperimen 1 dan eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. kesimpulannya bahwa kelas eksperimen lebih tinggi nilainya dibanding kelas kontrol dan media ular tangga berbasis PBL efektif dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. Dosen Pembimbing II: Dr.Erik Aditia Ismaya, MA |
Kata Kunci: | Media ular tangga , Problem Based Learning |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 20 Mar 2024 19:47 |
Last Modified: | 20 Mar 2024 19:47 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20753 |
Actions (login required)
View Item |