Peningkatan kemampuan numerasi melalui model realistic mathematics education berbantuan media papan diagram pada siswa kelas v sd 1 peganjaran

MUNA, NAILUL (2023) Peningkatan kemampuan numerasi melalui model realistic mathematics education berbantuan media papan diagram pada siswa kelas v sd 1 peganjaran. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (584kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (972kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstrak

Kemampuan numerasi siswa masih rendah dalam pembelajaran matematika. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika di kelas V masih rendah dan hasil tes prasiklus dengan jumlah 19 siswa dari 6 siswa tuntas dengan presentase 31,58% dan siswa tidak tuntas dengan presentase 68,42%. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan numerasi siswa dan aktivitas belajar siswa menggunakan model Realistic Mathematics Educations berbantuan media papan diagram. Kemampuan numerasi merupakan kemampuan penggunaan matematika dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dengan menggunakan penalaran matematika. Hal tersebut sejalan dengan model Realistic Mathematics Educations karena mengaitkan kehidupan sehari-hari dengan pembelajaran. Model tersebut menjadi salah satu strategi yang bisa dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan numerasi yang dibantu dengan media papan diagram Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SD 1 Peganjaran Bae Kudus dengan subjek penelitian 19 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki- laki dan 7 siswa perempuan. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model Realistic Mathematics Education berbantuan media papan diagram dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa dilihat dengan rata-rata siswa tuntas secara klasikal siklus I ke siklus II yaitu 68,42% dengan kategori kemampuan sedang menjadi 100% dengan kategori kemampuan tinggi. Aktivitas siswa meningkat dilihat pada siklus I dengan rata-rata 78,28% dengan ketuntasan klasikal 57,89% meningkat pada siklus II dengan rata-rata 88,92% dengan ketuntasan klasikal 100%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model Realistic Mathematics Education berbantuan dengan media papan diagram dapat meningkatkan kemampuan numerasi dan aktivitas belajar siswa dalam pelajaran matematika pada materi penyajian data. Guru dapat menerapkan model Realistic Mathematics Education apabila muncul permasalahan yang berkaitan dengan kemampuan numerasi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Lintang Kironoratri, M.Pd., Dosen Pembimbing 2: Diana Ermawati, M.Pd.,
Kata Kunci: Kemampuan Numerasi, Realistic Mathematics Educations, Diagram Papan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Mar 2024 21:58
Last Modified: 20 Mar 2024 21:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20764

Actions (login required)

View Item View Item