SAFITRI, INDAH (2023) Pengembangan media puzzle pada model project based learning untuk meningkatkan hasil belajar pkn siswa kelas v gugus diponegoro kaliwungu kudus. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (halaman judul)
1. HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text (bab 1)
2. BAB I.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Text (bab 2)
3. BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (bab 3)
4. BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (bab 4)
5. BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (bab 5)
6. BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (daftar pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Text (lampiran)
8. LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah adalah mendeskripsikan kebutuhan, menganalisis desain, menguji kelayakan dan keefektifan media puzzle pada model project based learning untuk meningkatan hasil belajar PKn siswa kelas V Gugus Diponegoro Kaliwungu Kudus. Metode penelitian menggunakan Research and Developmen yang dikembangkan oleh (Sugiyono, 2010) dengan 10 langkah penelitian yang disederhanakan dan disesuiakna menjadi 7 langkah penelitian sesuai kebutuhan peneliti, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk. Pengujian validitas instrument hasil belajar menggunakan rumus korelasi product moment dengan angka kasar. Pengujian reliabilitas instrumen ini menggunakan rumus KR-2. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah uji Gain dan Uji-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengembangan media puzzle dikembangkan berdasarkan analisis angket kebutuhan guru dan siswa. (2) Media puzzle menggunakan bahan pvc board yang ringan dan tebal. (3) Media Puzzle layak berdasarkan penilaian ahli materi 83,33 %, ahli media 82,05% dan ahli bahasa 84,38% . Hasil respon guru respon siswa dengan kategori sangat baik. (4) Penggunaan media Puzzle terbukti efektif dengan hasil uji n-gain pada uji coba terbatas 0,4701 dengan kategori sedang. Hasil uji n-Gain pada uji coba luas kelas eksperimen mendapatkan skor rata-rata n-Gain 0,72 dengan kategori sedang, kelas kontrol mendapatkan skor rata-rata n-Gain 0,42 dengan kategori sedang. Simpulan penelitian ini adalah media puzzle pada model porhect based learning sangat layak digunakan dalam pembelajaran PKn dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Saran dalam pengembangannya, media puzzle ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1: Dr. Su’ad M. Pd, Dosen Pembimbing 2: Dr. Wawan Shokib Rondli, M.Pd., |
Kata Kunci: | Media Puzzle, Project Based Learning, Hasil Belajar. PKn |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 20 Mar 2024 22:16 |
Last Modified: | 20 Mar 2024 22:16 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20766 |
Actions (login required)
View Item |