Mengatasi prokrastinasi akademik melalui konseling behavioristik teknik self management pada siswa kelas xi sma nu al ma’ruf kudus

SAFITRI, RINA (2023) Mengatasi prokrastinasi akademik melalui konseling behavioristik teknik self management pada siswa kelas xi sma nu al ma’ruf kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (548kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mendiskripsikan penyebab dari prokrastinasi akademik pada siswa keas XI SMA NU Al-Ma’ruf. 2) Mendiskripsikan Konseling dengan teknik self management dapat mengatasi prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI SMA NU Al-Ma’ruf Kudus. Sekolah merupakan suatu lembaga formal yang digunakan sebagai wadah kegiatan pembelajaran. Agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik, maka siswa harus memiiki kesadaran akan kewajibannya, yaitu kewajiban belajar. Siswa tidak lepas dari yang namanya belajar dan tugas, situasi belajar yang dihadapi juga penuh tantangan, jika siswa tidak siap dalam menghadapi tuntutan tersebut maka akan membawa kesukaran tersendiri. Seperti menunda mengerjakan tugas, menunda mengumpulkan tugas, dan tidak bisa mengatur waktu belajar. Hal tersebut dinamakan Prokrastinasi akademik. Masalah dalam penelitian ini adalah apa faktor penyebab dari prokrastinasi akademik dan bagaimana konseling behavioristik dengan teknik self management dapat mengatasi prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI SMA NU Al-Ma’ruf Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan studi kasus yang dilaksanakan di SMA NU AL-MA’ruf Kudus. Subjek dalam penelitian ini ada 2 siswa kelas XI yaitu BKA dan ASP yang mengalami prokrastinasi akademik. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI SMA NU Al-MA’ruf Kudus, sedangkan variabel bebasnya adalah konseling behavioristik dengan teknik self management. Teknik pengumpulan data meliputi metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa yang menjadi faktor dari penyebab terjadinya perilaku prokrastinasi akademik pada siswa itu ada dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal Faktor yang menyebabkan konseli I BKA mengalami perilaku prokrastinasi akademik yaitu rendahnya motivasi diri untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru sehingga terlambat mengerjakan dan mengalami keterlambatan dalam mengumpulkan tugas. Selain itu BKA tidak dapat memprioritaskan kegiatan-kegiatan dan kewajiban yang penting seperti belajar dan mengerjakan tugas. Sedangkan faktor eksternal yaitu kurangnya kontrol orang tua dikarenakan kedua orangtua BKA bekerja, Konseli II ASP, faktor yang menyebabkan konseli mengalami perilaku prokrastinasi akademik yaitu ASP rasa malas serta tidak memahami materi sehingga tidak bisa mengerjakan dan berpotensi terlambatnya pengumpulan tugas. Selain itu ASP memilikii manajemen belajar dirumah yang buruk. Sedangkan faktor eksternal yaitu kurangnya kontrol orang tua dikarenakan kedua orangtua ASP bekerja, ibunya adalah karyawan pabrik dan ASP juga mempunyai dua adik yang masih kecil sehingga kurangnya perhatian dan pengawsan dari orangtua ASP yang menyebabkan ASP dengan mudahnya untuk tidak mengerjakn tugas-tugasnya dirumah. Dapat disimpulkan setelah dilakukan proses konseling factor-faktorn yang mempengaruhi konseli BKA dan ASP yaitu adanya faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi rendahnya motivasi belajar konseli, rendahnya manajemen belajar konseli, sedangkan faktor eksternalnya yaitu rendahnya pengawasan orangtua dalam kegatan belajar anak di rumah. Dengan adanya konseling pendekatan behavioristic teknik self management, masalah prokrastinasi akademik pada konseli BKA dan ASP dapat teratasi. Konseli sangat kooperatif dalam mengentaskan permasalahan yang dialami sehingga proses konseling dapat berjalan dengan lancer.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Indah Lestari, S.Pd., M.Pd., Kons. Dosen Pembimbing II: Dr. Richma Hidayati, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Prokrastinasi Akademik, Konseling Behavioristik, Teknik Self Management
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Mar 2024 22:48
Last Modified: 21 Mar 2024 22:48
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20781

Actions (login required)

View Item View Item