Pengaruh model pembelajaran mind mapping dan jigsaw dalam pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar materi siklus makhluk hidup siswa kelas iv di kecamatan sarang kabupaten rembang

WIJAYANTI, DIYAH DWI (2023) Pengaruh model pembelajaran mind mapping dan jigsaw dalam pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar materi siklus makhluk hidup siswa kelas iv di kecamatan sarang kabupaten rembang. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II KAJIAN TEORI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (844kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran 1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan Penelitian: 1) menganalisis pengaruh model pembelajaran tipe mind mapping terhadap hasil belajar Materi Siklus Makhluk Hidup, 2) menganalisis pengaruh model pembelajaran tipe jigsaw terhadap hasil belajar Materi Siklus Makhluk Hidup, 3) menganalisis perbedaan pengaruh model pembelajaran tipe mind mapping dan jigsaw terhadap hasil belajar Materi Siklus Makhluk Hidup. Mind mapping merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang digunakan untuk melatih kemampuan menyajikan isi (content) materi Pelajaran dengan pemetaan pikiran (mind mapping) menurut Endang Mulyatiningsih (2017:238). Sugianto, dkk (2014) menyatakan bahwa model pembelajaran jigsaw memiliki ciri-ciri antara lain bahwa : Siswa bekerja dalam kelompok secara kooperatif untuk menuntaskan materi belajarnya, kelompok dibentuk dari Siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang terdiri dari dua kelompok penelitian yaitu kelas eksperimen melakukan pembelajaran model pembelajaran mind mapping dan jigsaw sedangkan kelas ontrol melakukan pembelajaran seperti biasanya yaitu model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji pembeda dan N gain. Hasil penelitian (1) Ada pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar Materi Siklus Makhluk Hidup berdasarkan nilai thitung 9,633 > ttabel 2,04841. (2) Ada pengaruh model jigsaw terhadap hasil belajar Siklus Makhluk Hidup berdasarkan nilai thitung 20,602 > ttabel 2,05954. (3) Ada perbedaan pengaruh model pembelajaran tipe jigsaw dan mind mapping terhadap hasil belajar berdasarkan nilai pada eksperimen 1 yaitu 80,44 dan eksperimen 2 yaitu 90,37. Dengan demikian pengaruh model jigsaw lebih baik dari pada model mind mapping.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. Dosen Pembimbing II: Dr. Wawan Shokib Rondli, M.Pd,
Kata Kunci: Pembelajaran Mind Mapping, Jigsaw, Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Mar 2024 23:14
Last Modified: 21 Mar 2024 23:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20784

Actions (login required)

View Item View Item