Peningkatan kematangan pilihan karir peserta didik melalui layanan informasi bermuatan internet di sma nu al-ma’ruf

REVLINA, INTAN (2023) Peningkatan kematangan pilihan karir peserta didik melalui layanan informasi bermuatan internet di sma nu al-ma’ruf. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (554kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendiskripsikan pelaksanaan Layanan Informasi Bermuatan Internet dalam upaya Peningkatan Kematangan Pilihan Karir Peserta Didik. 2) MemperolehPeningkatan Kematangan Pilihan Karir Peserta Didik melalui Layanan Informasi Bermuatan Internet Kematangan pilihan karir dapat dipahami sebagai kesiapan dalam memastikan pilihan karir yang akan dijalani di masa depan yang meliputi perencanaan, pengumpulan informasi dan pengambilan keputusan karir. Oleh karena itu untuk mencapai Kematangan pilihan karir, peserta didik perlu memahami beberapa hal, yaitu: pemahaman diri, pemahaman nilai-nilai, pemahaman lingkungan, hambatan dan cara mengatasi masalah karir, serta menyusun perencanaan masa depan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Penelitian tindakan bimbingan dan konseling adalah penelitian yang dilakukan oleh konselor bersama dengan seorang kolaborator dengan tujuan memperbaiki mutu layanan bimbingan dan konseling. Subyek pada penelitian ini adalah 35 peserta didik kelas XI IPS 3. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan 6siklus II dengan masing-masing terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitianterhadap aktivitas peneliti berdasarkan hasil observasi oleh kolaborator dalam pelaksanaan layanan informasi pada siklus I memperoleh skor 77 (67%) kategori Cukup, Siklus II memperoleh skor 91 (79%) kategori Baik. Kematangan Pilihan Karir Peserta didik pada Pra Siklus memperoleh skor 14 (47%) kategori Kurang, pada Siklus I memperoleh rata-rata skor 20 (67%) kategori Cukup dan pada Siklus II memperoleh rata-rata skor 2 (87%)kategori Sangat Baik. Kesimpulanpada penelitian ini adalah: ”1. Layanan Informasi Bermuatan Internet dapat Meningkatkan Kematangan Pilihan Karir Peserta Didik, hal ini didasarkan pada peningkatan aktivitas peneliti dalam pelaksanaan layanan Informasi, Siklus I memperoleh skor 77 (67%) kategori Cukup. Siklus II memperoleh skor 91 (79%) kategori Baik. 2. Kematangan Pilihan Karir Peserta Didik dapat ditingkatkan melalui Layanan Informasi Bermuatan Internet, hal ini didasarkan pada peningkatan Kematangan Pilihan Karir Peserta Didik pada Pra Siklus skor sebanyak 14 (47%) kategori Kurang, Siklus I memperoleh skor 20 (67%) kategori Cukup, Siklus II rata-rata skor 2 (87%) dalam kategori Sangat Baik.”. Saran yang diberikan oleh peneliti adalah: 1. Kepala Sekolah: Kepada sekolah hendaknya memberi perhatian pada setiap program bimbingan dan konseling di sekolah serta memberi fasilitas yang mampu menunjang pelaksanaan program Bimbingan dan Konseling. 2. Guru Bimbingan dan Konseling: hendaknya menggunakan serta mengoptimalkan penggunaan media dalam memberikan layanan kepada peserta didik. 3. Peserta didik: Peserta didik hendaknya dapat memiliki Kematangan pilihan karir yang sesuai dengan minat, bakat, nilai diri, harapan keluarga, lingkungan dan peluang. 4.Peneliti Selanjutnya: Peneliti selanjutnya dapat menggunakan penelitian ini sebagai referensi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Indah Lestari, S.Pd., M.Pd, Kons, Dosen Pembimbing II: Dra. Sumarwiyah M.Pd., Kons,
Kata Kunci: Pilihan Karir. Layanan Informasi. Internet.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Mar 2024 23:20
Last Modified: 21 Mar 2024 23:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20785

Actions (login required)

View Item View Item