Pengembangan buku ajar ipas bermuatan keterampilan eksploratif dan kemampuan berpikir kritis berbasis kearifan lokal di sekolah dasar

AMALIA, SYARIFA RAHMA (2023) Pengembangan buku ajar ipas bermuatan keterampilan eksploratif dan kemampuan berpikir kritis berbasis kearifan lokal di sekolah dasar. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (937kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) Menganalisis kebutuhan buku ajar IPAS bermuatan keterampilan eksploratif dan kemampuan berpikir kritis berbasis kearifan lokal di sekolah dasar; 2) Menganalisis desain pengembangan buku ajar IPAS bermuatan keterampilan eksploratif dan kemampuan berpikir kritis berbasis kearifan lokal di sekolah dasar; 3) Menganalisis kelayakan buku ajar IPAS bermuatan keterampilan eksploratif dan kemampuan berpikir kritis berbasis kearifan lokal di sekolah dasar; 4) Menganalisis efektivitas buku ajar IPAS bermuatan keterampilan eksploratif dan kemampuan berpikir kritis berbasis kearifan lokal di sekolah dasar. Hipotesis penelitian ini adalah buku ajar IPAS bermuatan keterampilan eksploratif dan kemampuan berpikir kritis berbasis kearifan lokal efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS kelas IV di sekolah dasar. Buku ajar adalah buku acuan yang berisi kumpulan materi dalam cabang ilmu tertentu yang disajikan secara komprehensif. Keterampilan eksploratif adalah cara yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran dengan memberikan kesempatan kepada masing-masing siswa untuk mengonstruksi pengetahuan dalam membangun pemahaman melalui pembelajaran bermakna. Kemampuan berpikir kritis adalah proses pemikiran yang masuk akal dan reflektif untuk memecahkan masalah didalam proses pembelajaran, Pendidikan berbasis kearifan lokal adalah usaha sadar yang terencana melalui pemanfaatan potensi setempat dalam upaya mewujudkan suasana belajar. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development, dengan desain the nonequivalent pretest-posttest control group design. Sumber data penelitian adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dan tes. Analisis data yang dilakukan meliputi uji kelayakan bahan ajar, dan uji efektivitas. Uji kelayakan bahan ajar meliputi validasi ahli. Uji efektivitas bahan ajar terdiri dari uji N-Gain dan uji perbedaan rata-rata (Uji t). Hasil penelitian ini menunjukkan kebutuhan guru dan siswa terkait buku ajar mampu meningkatkan minat dan aktivitas siswa. Desain buku ajar IPAS meliputi perencanaan, proses, dan evaluasi. Hasil validasi ahli materi mencapai rata-rata 88,6% dengan kategori sangat valid. Selanjutnya, ahli desain mencapai 90% artinya buku ajar sangat valid. Efektivitas penggunaan buku ajar IPAS berdasakan hasil perhitungan N-Gain score yaitu kelas eksperimen 76% (tafsiran efektif) > kelas kontrol 18 % (tafsiran tidak efektif) dan nilai sig. pada posttest hasil sebesar 0,001 yang menunjukkan bahwa bahwa ada perbedaan rata-rata antara skor posttest kelas eksperimen dan kontrol dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Dr. Irfai Fathurohman, S.Pd.,M.Pd, Dosen Pembimbing II: Dr. Sri Utaminingsih, S.Pd.,M.Pd.,
Kata Kunci: Buku Ajar, Keterampilan Eksploratif, Kemampuan Berpikir Kritis, Kearifan Lokal
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Mar 2024 00:12
Last Modified: 22 Mar 2024 00:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20790

Actions (login required)

View Item View Item