Analisis implementasi pendidikan karakter Melalui program adiwiyata Di smp negeri 1 batangan pati

KARTINI, KARTINI (2023) Analisis implementasi pendidikan karakter Melalui program adiwiyata Di smp negeri 1 batangan pati. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (536kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (670kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui perencanaan, implementasi dan dampak pendidikan karakter peduli lingkungan melalui program Adiwiyata di SMP Negeri 1 Batangan Pati. Karakter dimaknai sebagai cara berpikir dan berperilaku yang khas tiap individu untuk hidup dan bekerja sama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara. Pendidikan karakter merupakan suatu system penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut. Pendidikan lingkungan hidup (PLH) merupakan program pendidikan untuk membina siswa agar memilki pengertian, kesadaran, sikap, perilaku, yang rasional serta bertanggung jawab terhadap alam dan terlaksananya pembangunan yang berkelanjutan melalui program sekolah yang biasa disebut dengan program Adiwiyata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif naratif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu manusia dan bukan manusia. Sumber data manusia sebagai informan kunci yang diperoleh melalui wawancara, sedangkan bukan manusia diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analysis Interactive dan berlangsung secara terus menerus pada setiap tahapan penelitian sehingga sampai tuntas, yaitu pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pendidikan karakter peduli lingkungan melalui program Adiwiyata dituangkan dalam visi, misi, tujuan sekolah dan kurikulum sekolah. (2) implemnetasi pendidikan karakter peduli lingkungan dikembangkan melalui terintegrasi dengan mata pelajaran, pengembangan diri, dan budaya sekolah atau pembiasaan. Pendidikan karakter terintegrasi dengan mata pelajaran dikembangkan oleh guru dalam silabus dan RPP terutama pada materi-materi yang relevan. Pengembangan diri dikembangkan melalui kegiatan pramuka dan UKS. Pembiasaan dikembangkan melalui pembiasaan rutin, spontan, terprogram, dan keteladanan. (3) Dampak pendidikan karakter peduli lingkungan melalui program Adiwiyata adalah kepedulian warga sekolah terhadap lingkungan. Sekolah memperoleh penghargaan sebagai sekolah peduli dan berbudaya lingkungan sebagai sekolah Adiwiyata nasional.. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa implementasi pendidikan karakter melalui program Adiwiyta dapat diwujudkan dalam perencanaan, implementasi dan dampak yang berupa karakter peduli lingkungan di SMPN 1 Batangan. Berdasarkan simpulan tersebut beberapa saran untuk pengembangan karakter peduli lingkungan melalui program Adiwiyata ditujukan kepada Kepala Sekolah, tim Adiwiyata, Guru dan Peserta Didik serta kepada peneliti selanjutnya, hendaknya melakukan riset yang berkelanjutan tentang Pendidikan karakter dan program sekolah Adiwiyata agar dapat melihat serta menilai setiap perubahan yang ada dari waktu ke waktu untuk digunakan sebagai bahan masukan bagi pengembangan sekolah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Dr. Sri Surachmi, M.Pd. . Dosen Pembimbing II: Dr. Wawan Shokib Rondli, M.Pd.,
Kata Kunci: pendidikan karakter, pendidikan lingkungan hidup, dan Adiwiyata.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Mar 2024 00:22
Last Modified: 22 Mar 2024 00:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20791

Actions (login required)

View Item View Item