Pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan keterampilan managerial kepala sekolah terhadap kinerja guru smp kecamatan jakenan kabupaten pati

NURYOSO, NURYOSO (2023) Pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan keterampilan managerial kepala sekolah terhadap kinerja guru smp kecamatan jakenan kabupaten pati. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab 1] Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (572kB)
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (965kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (800kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (367kB)
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP negeri di kecamatan Jakenan kabupaten Pati. Menganalisis pengaruh keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP negeri di kecamatan Jakenan kabupaten Pati. Menganalisis pengaruh supervise kepala sekolah dan keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP negeri eks-kawedanan Jakenan kabupaten Pati. Supervisi kepala sekolah adalah bantuan yang diberikan kepada guru yang bertujuan meningkatkan kualitan pembelajaran. Keterampilan manajerial kepala sekolah yang terdiri dari keterampilan konseptual, hubungan kemunusian dan keterampilan teknikal. Kinerja guru adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seseorang guru dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional,. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Analisis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa supervisi akademik kepala sekolah tidak berpengaruh terhadap kinerja guru signifikansinya 0,529> o,005. Hasil uji t parsial menunjukkan bahwa keterampilan manajerial kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru, signifikansinya 0,000<0,05. Sedangkan uji simultan menunjukkan bahwa supervisi akademik kepala sekolah dan keterampilan manajerial kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru dengan signifikansi 0,00 < 0,005. Simpulan (1) supervisi akademik tidak berpengaruh terhadap kinerja guru, (2) keterampilan manajerial kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru, (3) supervisi akademik dan keterampilan manajerial kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru. Saran kepala sekolah sebaiknya menggunakan supervisi kolaboratif dan keterampilan manajerial kepala sekolah sebaiknya tetap dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja guru.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Sri Surachmi W., M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Dr. Drs. Gunawan Setiadi, S.IP., M.Pd.
Kata Kunci: Supervisi kepala sekolah, Keterampilan manajerial kepala sekolah, Kinerja guru.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Mar 2024 00:30
Last Modified: 22 Mar 2024 00:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20792

Actions (login required)

View Item View Item