Pengaruh kepemimpinan, kejelasan sasaran anggaran, pengawasan, pemanfaatan teknologi informasi, dan sistem keuangan desa terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa (studi empiris pada pemerintahan desa di kabupaten kudus)

Pratama, Ratna Faridotun Naim (2023) Pengaruh kepemimpinan, kejelasan sasaran anggaran, pengawasan, pemanfaatan teknologi informasi, dan sistem keuangan desa terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa (studi empiris pada pemerintahan desa di kabupaten kudus). Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (776kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy

Abstrak

Akuntabilitas pengelolaan dana desa merupakan suatu tuntutan bagi pemerintah desa sebagai pengelola dana desa sebagai wujud implementasi dari Undang-Undang No 6 tahun 2014 tentang Desa. Faktor pengaruh yang timbul terkait akuntabilitas pengelolaan dana desa yaitu kepemimpinan, kejelasan sasaran anggaran, pengawasan, pemanfaatan teknologi informasi, dan sistem keuangan desa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemimpinan, kejelasan sasaran anggaran, pengawasan, pemanfaatan teknologi informasi, dan sistem keuangan desa terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa pada seluruh desa di Kabupaten Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan responden sejumlah 396 orang yang terdiri dari aparatur desa (kepala desa, sekretaris desa, dan kaur keuangan desa) yang ada di 123 desa dan 9 kelurahan di wilayah Kabupaten Kudus, tetapi kuesioner dengan responden 345 orang yang terkumpul, 1 desa dan 9 kelurahan ditolak. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis linear berganda dengan menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan berpengaruh positif terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa, kejelasan sasaran anggaran berpengaruh positif terhadap pengelolaan dana desa, pengawasan tidak berpengaruh terhadap pengelolaan dana desa, pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh positif terhadap pengelolaan dana desa, dan sistem keuangan desa tidak berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: dosen pembimbing 1 : Dr. Mulyanto, S.E, S.H, M.Si., M.M., M.H dosen pembimbing 2 : Dennyca Hendriyanto N, S.E., M.Si
Kata Kunci: Kepemimpinan, Kejelasan Sasaran Anggaran, Pengawasan, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Dan Sistem Keuangan Desa.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Keuangan Publik
Ilmu-ilmu Sosial > Keuangan Publik > Akuntansi publik. Audit
Program Studi: Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 May 2024 21:01
Last Modified: 06 May 2024 01:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21005

Actions (login required)

View Item View Item