Pengaruh pengendalian diri, motivasi, perilaku belajar, minat belajar, kecerdasan emosional dan kecerdasan adversitas terhadap tingkat pemahaman akuntansi (studi empiris pada mahasiswa akuntansi di perguruan tinggi kudus)

YUHANA, YUHANA (2024) Pengaruh pengendalian diri, motivasi, perilaku belajar, minat belajar, kecerdasan emosional dan kecerdasan adversitas terhadap tingkat pemahaman akuntansi (studi empiris pada mahasiswa akuntansi di perguruan tinggi kudus). Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengendalian diri terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Menguji dan menganalisis pengaruh motivasi terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Menguji dan menganalisis pengaruh perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Menguji dan menganalisis pengaruh minat belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Menguji dan menganalisis pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Menguji dan menganalisis pengaruh kecerdasan adversitas terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Akuntansi angkatan 2018 Fakultas Ekonomi dan Bisnis di perguruan tinggi Kudus yang terdiri dari Unversitas Muria Kudus (UMK), Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU), Institut Agama Islam Negeri Kudus (IAIN Kudus) dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji kelayakan model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengendalian diri tidak berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa Akuntansi di Perguruan Tinggi Kudus. Motivasi berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa Akuntansi di Perguruan Tinggi Kudus. Perilaku belajar berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa Akuntansi di Perguruan Tinggi Kudus. Minat belajar berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa Akuntansi di Perguruan Tinggi Kudus. Kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa Akuntansi di Perguruan Tinggi Kudus. Kecerdasan adversitas berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa Akuntansi di Perguruan Tinggi Kudus.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Aprilia Whetyningtyas., S.E., M.Si, selaku Dosen Pembimbing I Dennyca Hendriyanto N., S.E., M.Si., selaku Dosen Pembimbing II
Kata Kunci: Pengendalian Diri, Motivasi, Perilaku Belajar, Minat Belajar, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Adversitas, Tingkat Pemahaman Akuntansi
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi > Ekonomi sebagai ilmu. Hubunugan dengan subjek lain
Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Program Studi: Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Jul 2024 23:39
Last Modified: 07 Jul 2024 23:39
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21318

Actions (login required)

View Item View Item