MUTIARA OKTAFIA, RULYANA (2024) Mengatasi siswa terlambat datang ke sekolah melalui pendekatan behavioristik dengan teknik self management pada siswa sma n 1 nalumsari. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 6)
Bab 6 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (SURAT PERYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk menentukan faktor-faktor yang menyebabkan terlambat ke sekolah, 2. Mengatasi datang terlambat ke sekolah dengan menggunakan teknik Self Management pada siswa SMA N 1 Nalumsari, 3. Untuk mengetahui hasil peningkatan sebelum dan sesudah diberikan konseling behavioristik teknik self management. Keterlambatan siswa merupakan hal yang cukup fatal akibatnya karena siswa yang terlambat ia akan tertinggal jam pelajaran dan ketika ia masuk kelas akan mengganggu siswa siswa lain yang sudah fokus pada pelajaran yang diberikan oleh guru. Hal ini yang sedang terjadi pada siswa SMA N 1 Nalumsari yang mempunyai masalah sering terlambat sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Nalumsari, metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian gabungan (Mix Method). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini yaitu guru BK, wali kelas, teman siswa, dan siswa. Hasil penelitian konseli I diketahui BP merupakan salah satu siswa yang memiliki permasalahan sering terlambat ke sekolah, menurut beberapa informasi yang berhasil dikumpulkan peneliti permasalahan yang dialami BP karena faktor internal dan eksternal yaitu faktor internal karena selalu begadang sampai larut malam, faktor eksternal karena pengaruh dari teman yang membuat BP sering terlambat ke sekolah. Konseli II FZA merupakan salah satu siswa yang memiliki permasalahan sering terlambat datang ke sekolah karena faktor internal dan eksternal yaitu faktor internal karena dirinya tidak bisa manajemen waktu, faktor eksternal karena ada permasalahan dengan teman kelas yang membuat FZA sering terlambat ke sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu setelah melakukan konseling behavioristik teknik self management perubahan yang ditunjukkan pada konseli I yaitu dirinya bisa mengontrol diri ketika diajak teman nongkrong, pada konseli II yaitu dirinya bisa manajemen waktu dan menghiraukan perkataan teman untuk dirinya. Dari perhitungan mann whitney test memperoleh hasil 0,021<0,05 sehingga Hipotesis diterima, ditunjukkan pada nilai pretest dan posttest yang artinya ada perbedaan antara skor dari permasalahan terlambat ke sekolah sebelum dan sesudah diberi treatment.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1:Dr. Agung Slamet Kusmanto, M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2:Dr. Richma Hidayati, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | : Pendekatan Behavioristik, Self Management, Terlambat Datang Kesekolah. |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 18:47 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 18:47 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21693 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
