The elements of critical thinking and creative thinking skills in the tenth grade english textbook entitled "work in progress" by the ministry of education and culture republic of indonesia

GHOZALI FATWA, AHMAD NAZARUDDIN (2024) The elements of critical thinking and creative thinking skills in the tenth grade english textbook entitled "work in progress" by the ministry of education and culture republic of indonesia. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (851kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
Bab 6 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy

Abstrak

Pemikiran kritis dan kreatif merupakan dua keterampilan penting dalam pembelajaran abad ke-21. Kemampuan tersebut diperlukan agar para siswa dapat menghadapi tantangan kompleks, menyelesaikan masalah yang rumit, dan menghasilkan ide-ide inovatif. Namun, kapasitas siswa Indonesia dalam berpikir kritis dan kreatif masih memerlukan perhatian. Buku teks sebagai sumber utama pendidikan diharuskan menyertakan keterampilan pemikiran kritis dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan unsur-unsur keterampilan berpikir kritis dan kreatif dalam buku teks Bahasa Inggris kelas sepuluh berjudul "Work in Progress" yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI pada tahun 2022. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif menggunakan instrumen berupa dokumen pada buku teks Bahasa Inggris kelas sepuluh berjudul "Work in Progress" yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI pada tahun 2022. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa unsur-unsur berpikir kritis dan kreatif disajikan melalui kegiatan-kegiatan dalam buku teks Bahasa Inggris kelas sepuluh berjudul "Work in Progress". Dari 141 aktivitas, semuanya mencerminkan pemikiran kritis, dengan jumlah tertinggi pada analisis masalah (102 aktivitas), diikuti oleh interpretasi argumen berdasarkan fakta (70), evaluasi bukti (34), dan membuat kesimpulan (26). Untuk pemikiran kreatif, 56 dari 141 aktivitas teridentifikasi, dengan penekanan tertinggi pada menghasilkan ide-ide baru (44 aktivitas) dan menciptakan karya baru (25 aktivitas). Studi ini menyimpulkan bahwa buku teks Bahasa Inggris kelas sepuluh "Work in Progress" mencakup semua keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Peneliti mendukung penelitian lebih lanjut untuk melakukan analisis konten tambahan terkait buku teks tersebut. Peneliti merekomendasikan penggunaan temuan ini sebagai alat evaluasi bagi penerbit untuk meningkatkan kualitas buku teks di masa depan, terutama dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Terakhir, guru-guru disarankan untuk mengembangkan kegiatan tambahan terkait keterampilan tersebut yang belum dicakup dalam buku teks saat ini.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dr. Diah Kurniati, S.Pd., M.Pd. as the first advisor Dr. Fitri Budi Suryani, S.S., M.Pd. as the second advisor
Kata Kunci: Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, Buku Siswa, 4C, Kurikulum Merdeka
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 31 Jul 2024 00:26
Last Modified: 31 Jul 2024 00:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21730

Actions (login required)

View Item View Item