SYAHARANI, VANNY ARDITIA (2024) Using comics to teach reading comprehension to 11th graders of sma muhammadiyah 1 pati in the academic year 2023-2024. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download (824kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download (378kB) | Preview |
Text (BAB2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (399kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (162kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (111kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (370kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 6)
Bab 6 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (367kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download (471kB) | Preview |
Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (156kB) | Request a copy |
Abstrak
Permasalah membaca siswa sebagian besar disebabkan karena mereka tidak memahami bacaan yang ada dalam sebuah teks. Mereka kurang mampu memahami atau kesulitan memahami isi teks suatu bacaan. Ada berbagai macam media yang dapat digunakan sebagai media pemahaman membaca, salah satunya adalah dengan menggunakan komik. Komik memiliki beberapa keunggulan, salah satunya lebih mudah dibaca dan dipahami dibandingkan buku sastra lainnya. Komik tidak hanya menyajikan suatu bacaan saja tetapi juga mempunyai gambar atau ilustrasi nyata dalam komik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan komik strip dalam pengajaran oleh guru dapat meningkatkan keterampilan pemahaman membaca siswa, khususnya dalam teks narasi. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperimental. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 11 2 SMA Muhammadiyah 1 Pati yang berjumlah 17 orang. Sebelum diberikan treatment, siswa diberikan soal pre-test. Kelas eksperimen diberikan treatment yaitu media bergambar komik strip sebagai penunjang pemahaman teks narasi. Instrumen data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil perhitungan, penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media komik strip efektif dalam mengajarkan pemahaman membaca
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dr.Drs. A. Hilal Madjdi, M. Pd, as the first advisor Dr. Fitri Budi Suryani, S.S., M.Pd, as the second advisor |
Kata Kunci: | Membaca, Pemahaman membaca, Menggunakan komik untuk mengajar membaca |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 00:35 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 00:35 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21731 |
Actions (login required)
View Item |