Analisis pemahaman konsep matematis siswa kelas vi Sd 3 jekulo dalam menyelesaikan soal cerita Pada materi pecahan

MEIRINA, ELY NOOR (2024) Analisis pemahaman konsep matematis siswa kelas vi Sd 3 jekulo dalam menyelesaikan soal cerita Pada materi pecahan. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (708kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy

Abstrak

Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman konsep matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan. Dari hasil observasi yang di dapatan bahwa masih terdapat beberapa siswa yang masih kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita. Oleh karena itu, peneliti ingin menganalisis bagaimana pemahaman konsep matematis siswa kelas VI SD 3 Jekulo dalam menyelesaikan soal cerita materi pecahan. Pemahaman konsep matematis adalah kemampuan peserta didik dalam memahami, menerangkan suatu hal tentang suatu konsep yang diperoleh dari pengetahuan yang dipelajarinya dengan caranya sendiri, bukan hanya sekedar menghafal. Kemampuan pemahaman konsep pada pemahaman konsep matematika harus dicapai oleh siswa. Dengan pemahaman konsep yang baik akan membantu siswa untuk dapat memecahkan masalahmasalah baru dalam belajar dan menggunakan penalaran berpikir. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD 3 Jekulo yang berjumlah 7 siswa yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan dua siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemahaman konsep siswa masih rendah. Hal ini dilihat melalui hasil tes kemampuan pemahaman konsep, bahwa ke tujuh subjek belum memenuhi pada beberapa indikator pemahaman konsep seperti mengaplikasikan konsep algoritma pemecahan masalah dan menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi hitung tertentu untuk menyelesaikan soal yang diberikan dengan baik. Dari ke empat indikator subjek 1 (BAS) hanya memenuhi dua indikator, subjek 2 (DCS) memenuhi 3 ,indikator, subjek 3 (FMAI) memenuhi dua indikator, Subjek 4 (MU) memenuhi empat indikator, subjek 5 (FMAI) memenuhi 3 indikator, subjek 6 (USBZ) memenuhi 3 indikator, dan subjek 7 (YUA) memenuhi indikator saja. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penyebab siswa belum sepenuhnya memahami konsep pada soal karena siswa tidak menuliskan apa yang diketahui dari soal, dan tidak menuliskan langkah-langkah dalam menyelesaikan soal. Serta kurangnya evaluasi kembali hasil jawaban siswa ketika menyelesaikan soal. Guru diharapkan lebih menguatkan pemahaman konsep siswa, tidak hanya sekedar menghafal rumus dan mampu merancang kegiatan belajar untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen pembimbing I Ibu Lovika Ardana Riswari, S.Pd., M. Pd Dosen pembimbing II Ibu Lintang Kironoratri, S.Pd., M.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematis, Soal Cerita pecahan
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Aug 2024 18:20
Last Modified: 04 Aug 2024 18:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21771

Actions (login required)

View Item View Item