SALAFIYAH, JIHAN AINIS (2024) Pengembangan permainan tradisional dapita (dakon pintar matematika) sebagai media pembelajaran Materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas ii sd. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil validitas, efektivitas, dan praktikalitas media pembelajaran Dapita (Dakon Pintar Matematika) yang dikembangkan oleh peneliti sebagai media pembelajaran materi penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas II SD Negeri 03 Karangrandu. Dapita (Dakon Pintar Matematika) yaitu media pembelajaran dari hasil mengembangkan permainan tradisional dakon. Dapita (Dakon Pintar Matematika) adalah media pembelajaran yang didalamnya terdapat aturan bermain. Dapita (Dakon Pintar Matematika) terdiri dari papan dakon, kerang-kerangan, kartu soal, serta buku panduan. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan di kelas II SD Negeri 03 Karangrandu Pecangaan Jepara dengan subjek penelitian 41 siswa yang dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji validasi pengembangan media pembelajaan Dapita (Dakon Pintar Matematika) ditinjau dari aspek media termasuk dalam kategori “Sangat Valid” dengan nilai 0,940741. Sedangkan ditinjau dari aspek materi media pembelajaan Dapita (Dakon Pintar Matematika) termasuk dalam kategori “Sangat Valid” dengan nilai 0,911111. Hasil uji Mann Whitney pretets dan posttest kelas eksperimen terdapat peningkatan hasil belajar materi penjumlahan dan pengurangan dilihat dari mean rank pretest dan mean rank posttest sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran Dapita (Dakon Pintar Matematika) yaitu 10,90 < 30,10 sehingga terjadi peningkatan mean rank 19,2 dengan signifikasi Asymp. Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Hasil uji pretest dan posttest pada kelas eksperimen diketahui nilai mean N-Gain yaitu 0,7894 termasuk ke dalam kategori efektivitas tinggi. Hasil uji praktikalitas media pembelajaran Dapita (Dakon Pintar Matematika) diperoleh nilai tingkat kepraktisan yaitu 95% termasuk dalam kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil nilai uji validitas, uji efektivitas, dan uji praktikalitas diketahui bahwa media pembelajaran yang dikembangkan peneliti yaitu Dapita (Dakon Pintar Matematika) termasuk kedalam kategori sangat valid, efektif, dan sangat praktis apabila digunakan sebagai media pembelajaran materi penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas II SD Negeri 03 Karangrandu.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1:Eka Zuliana S.Pd., M.Pd. DOSEN PEMBIMBING 2:Moh. Syaffruddin Kuryanto, S.Si., M.Or |
Kata Kunci: | Media Pembelajaran, Dapita (Dakon Pintar Matematika), Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan. |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 04 Aug 2024 18:34 |
Last Modified: | 04 Aug 2024 18:34 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21774 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
