Pengembangan media pop up box tesanra sebagai media pembelajaran ipas untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas iv sdn 5 mindahan

ROHMATUL UMMAH, RIKA (2024) Pengembangan media pop up box tesanra sebagai media pembelajaran ipas untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas iv sdn 5 mindahan. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (626kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (482kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengatasi kebutuhan media pembelajaran pada pembelajaran IPAS yang diintegrasikan dengan kearifan lokal agar siswa dapat mengkaji lingkungan alam dan sosial dalam satu kesatuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil validasi media pembelajaran Pop Up Box TESANRA sebagai sumber belajar IPAS pada siswa kelas IV SD. Melalui penggunaan media ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan literasi siswa. Media Pop Up Box TESANRA adalah berupa media konkret jenis media cetak 3D berbentuk lightbox yang menarik karena saat dibuka akan menampakkan animasi nyata dan gambar yag timbul, sehingga materi pembelajaran akan lebih menarik. Media ini berisi materi Gaya disekitar kita yang diintegrasikan dengan kearifan lokal tradisi pesta lomban Jepara. Konten media melibatkan elemen animasi tradisi, gambar-gambar dan materi gaya, serta menjelaskan keterkaitan materi gaya dalam tradisi pesta lomban Jepara. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dilaksanakan di SDN 5 Mindahan pada kelas IV. Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan Borg & Gall (1983: 775) yang disederhanakan menjadi 4 tahap yaitu: 1) Research and information collecting, 2) Planing, 3) Develop preliminary form of product, dan 4) Preliminary and Operational field testing. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis hasil validasi media menggunakan analis skal likert. Hasil Validasi media yang dikembangkan diukur dengan angket penilaian oleh ahli media dan ahli materi. Hasil validasi media memperoleh jumlah skor rata-rata 3,7 dengan presentase total skor 94,64% dan hasil validasi materi memperoleh skor rata-rata 3,8 dengan presentase total skor 96,42%. Berdasarkan pedoman konvensi data kuantitatif ke data kualitatif, maka pengembangan media Pop Up Box TESANRA berada pada kategori Valid. Sehingga dapat disimpulkan bahwa desain media Pop Up Box TESANRA ini layak digunakan sebagai media pembelajaran IPAS. Disimpulkan bahwa media pembelajaran Pop Up Box TESANRA telah berhasil diterima dengan baik oleh responden, sesuai dengan kebutuhan mereka, dan uji coba skala terbatas menunjukkan validitas serta penerimaan positif di SDN 5 Mindahan. Dengan demikian, Saran hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan media pembelajaran dan peningkatan literasi siswa di SDN 5 Mindahan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:Ika Oktavianti S.Pd., M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2:Lintang Kironoratri S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Media, Pop Up Box TESANRA, IPAS, Tradisi Pesta Lomban.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Aug 2024 18:53
Last Modified: 04 Aug 2024 18:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21779

Actions (login required)

View Item View Item