Pengaruh permainan ular tangga terhadap hasil belajar ppkn kelas v di sd 1 rendeng

ELVIRA AVIANIDA, VIKA (2024) Pengaruh permainan ular tangga terhadap hasil belajar ppkn kelas v di sd 1 rendeng. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (668kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan ular tangga terhadap hasil belajar PPKn, penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.. Dimana siswa kesulitan untuk memahami informasi yang diajarkan karena guru hanya mengajarkannya melalui ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media ular tangga keberagaman terhadap hasil belajar siswa menggunakan media ular tangga keberagaman muatan PPKn kelas V SD 1 Rendeng. Media ular tangga adalah sebuah media permainan yang di dalam nomor-nomor terdapat kartu yang berisikan soal soal mengenai materi nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini dilaksanakan di SD 1 Rendeng dengan subjek 24 siswa . Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen daengan bentuk Pre-Experimental Design. Dari hasil analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh permainan ular tangga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas V SD 1 Rendeng. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media ular tangga siswa kelas V SD 1 Rendeng dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Pernyataan tersebut dapat diperoleh dari hasil uji paired sample T-Test pada aplikasi spss versi 25. Pada pengujian tersebut diperoleh hasil uji paired sample T-Test dengan signifikasi 0,000 yang berarti H0 diterima dan Ha ditolak. Berdasarkan data diatas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran ular tangga keberagaman dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SD 1 Rendeng. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan di SD 1 Rendeng dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan media ular tangga. Saran dalam penelitian ini yakni guru dapat melaksanakan pembelaaran dengan menggunakan media agar memudahkan siswa untuk lebih memahami materi PPKn.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:Ika Ari Pratiwi., M. Pd DOSEN PEMBIMBING 2:Moh. Syaffruddin Kuryanto, S.Si., M.Or
Kata Kunci: Permainan Ular Tangga, Hasil Belajar.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Aug 2024 19:06
Last Modified: 04 Aug 2024 19:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21784

Actions (login required)

View Item View Item