Pengembangan e-miperja berbasis problem based learning (pbl) untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa sekolah dasar

Aryani,, Aulia Dwi (2024) Pengembangan e-miperja berbasis problem based learning (pbl) untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa sekolah dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (461kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (773kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian yaitu mengetahui analisis kebutuhan, menguji validitas dan mengukur efektivitas media pembelajaran E-MIPERJA berbasis problem based learning dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IV SD 1 Pladen. E-MIPERJA (Komik Perubahan Wujud Benda) merupakan media pembelajaran Ecomic mata pelajaran IPAS bermuatan materi perubahan wujud benda yang dikemas melalui aplikasi Smart Apps Creator. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan model ADDIE, dengan tahapam (1) Analysis kebutuhan yang diperoleh dari wawancara, angket, observasi, dan tes. (2) Desaign menggunakan aplikasi Smart Apps Creator, (3) Development melalui validasi ahli kepraktisan dan media, (4) Implementation terhadap 19 siswa kelas IV SD 1 Pladen (5) Evaluation melalui one group pretest�posttest design, dengan uji statistik N-Gain dan paired sampleas test.. Hasil penelitian: (1) Media E-MIPERJA berbasis problem based learning pada pelajaran IPAS sangat diperlukan siswa kelas IV SD 1 Pladen (2) Hasil validasi ahli kepraktisan rata-rata 4,96 (99,13%), dalam kategori sangat layak, penilaian ahli media rata-rata 4,23 (84,62%) dalam kategori sangat layak, dan hasil angket penilaian kepraktisan siswa skor rata-rata 4,87 (97,15%) dalam katregori sangat praktis, (3) Hasil uji efektivitas nilai rata-rata N-Gain=0,66 (66%) menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep dalam kategori sedang, atau cukup efektif, dengan uji paired samples test diperoleh pvalue<0,05 menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman konsep sangat signifikan. Disarankan guru diharapkan dapat menyusun media pembelajaran digital untuk meningkatkan proses pembelajaran yang lebih efektif dan untuk mengembangkan serta melakukan inovasi pembelajaran. Siswa, dapat memanfaatkan perangkat smartphone sebagai media pembelajaran E-MIPERJA maupun media pembelajaran digital lainnya sebagai bahan belajar mandiri. Sekolah dapat mengambil kebijakan-kebijakan yang dapat mendukung terlaksanakannya pembelajaran dengan memanfaatkan media digital berbasis Android pada semua mata pelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd dosen pembimbing I Much Arsyad Fardani, S.Pd., M.Pd., dosen pembimbing II
Kata Kunci: E-MIPRERJA, Problem Based Learning, Pemahamann Konsep, IPAS..
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Aug 2024 19:30
Last Modified: 04 Aug 2024 19:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21790

Actions (login required)

View Item View Item