Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android dengan orientasi etno matematika untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas v

SURYANI, DESY (2024) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android dengan orientasi etno matematika untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas v. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan: (1) kegiatan pembelajaran guru belum optimal menerapkan pembelajaran menarik karena guru belum bisa memotivasi siswa, dibuktikan dari 29 siswa sebesar 21 siswa (72,4%) tidak semangat dan 8 siswa (27,5%) cukup semangat, (2) berdasarkan hasil wawancara, kurangnya penggunaan media pembelajaran dekat dengan kebudayaan, (3) tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis tergolong rendah, ditunjukkan hasil SAS dari jumlah 29 siswa hanya 14 siswa (48,2%) di atas KKTP dan 15 siswa (51,7%) di bawah KKTP. Tujuan penelitian ini menganalisis kevalidan, keefektifan serta kepraktisan media pembelajaran interaktif berbasis android dengan orientasi etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis. Penelitian pengembangan menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis android dapat menjadi media pembelajaran yang menarik dan mengaitkan materi dengan etnomatematika untuk kelas V. Etnomatematika merupakan hasil hubungan antara matematika dengan budaya. Etnomatematika dalam konteks budaya dalam penelitian ini adalah Menara Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Jenis data yang dikumpulkan adalah data kualitatif dan data kuntitatif. Dengan analisis data kulaitatif berupa hasil observasi dan wawancara, tanggapan dari validator serta kritik dan saran responden. Sedangkan analisis data kuantitatif mengunakan lembar validasi, hasil nilai pretest dan postest, serta angket respon. Hasil penelitian: 1) hasil validasi ahli media dan materi memperoleh katagori “sangat baik” sehingga media valid diuji cobakan, 2) hasil dari uji coba terbatas dan luas efektif digunakan dalam proses pembelajaran memperoleh hasil nilai rata-rata di atas 75, terdapat perbedaan nilai, terdapat peningkatan nilai dari sebelum dan sesudah menggunakan media. 3) hasil respon siswa dan guru meperoleh katagori “sangat baik” sehingga media praktis digunakan. Hasil tersebut menujukan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis android dengan orientasi etnomatematika dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan disimpulkan bahawa media pembalajaran interaktif berbasis android dengan orientasi etnomatematika dinyatakan praktis, layak, dan efektif meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Pada penelitian ini mengalami hambatan seperti kurangnya sarana dan prasarana teknologi seperti smartphone, sehingga pihak lembaga SD sentaiasa untuk menyediakan sarana dan prasarana untuk menujang kegiatan pembelajaran agar terlaksana lebih baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:Savitri Wanabuliandari, S.Pd., M.Pd., DOSEN PEMBIMBING 2:Lovika Ardana Riswari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Etnomatematika, Konsep Matematis
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Aug 2024 20:00
Last Modified: 04 Aug 2024 20:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21797

Actions (login required)

View Item View Item