Wardani,, Dinda Kusuma (2024) Analisis minat belajar siswa dalam permainan tradisional engklek pada mata pelajaran matematika. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat belajar siswa dalam permainan tradisional engklek pada mata pelajaran matematika, mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika rendah. Minat belajar adalah keterikatan terhadap suatu aktivitas tanpa pengaruh eksternal. Memiliki peran penting dalam pembelajaran, khususnya dalam minat belajar matematika yang mampu menumbuhkan semangat dan rasa ingin tahu. Indikator minat belajar siswa mencakup perasaan senang, keterlibatan, perhatian, dan ketertarikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang dilakukan di Desa Kropak Kecamatan Winong, Kabupaten Pati. Penelitian ini mengunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Penelitian ini mengunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya analisis Miles dan Huberman terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil menunjukan dalam pembelajaran, permainan mampu menciptakan lingkungan yang menarik dan menyenangkan bagi siswa, yang pada gilirannya menghasilkan tingginya motivasi dan keterlibatan mereka dalam mempelajari materi matematika, peserta aktif dan terlibat secara intens dalam permainan engklek, menunjukkan tingkat kegembiraan yang tinggi serta kepuasan dalam proses pembelajaran. Kesimpulanya yaitu penggunaan permainan tradisional engklek dalam pembelajaran matematika mampu menarik minat belajar siswa. siswa menunjukkan tingkat minat belajar yang tinggi, ditandai dengan keterlibatan aktif, perasaan senang, dan perhatian yang tinggi selama proses pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | M. Syaffrudin Kuryanto, S.Si., M.Or sebagai Pembimbing I Lovika Ardana Riswari, S.Pd., M.Pd selaku Pembimbing II |
Kata Kunci: | Minat Belajar, Permainan Tradisional Engklek, Matematika |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 04 Aug 2024 23:27 |
Last Modified: | 04 Aug 2024 23:27 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21802 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
