Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa kelas 4 sd n demaan dengan menggunakan permainan mokshapat

Nurunnazlah,, Faroh (2024) Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa kelas 4 sd n demaan dengan menggunakan permainan mokshapat. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (693kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (668kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa kelas 4 SD N Demaan dengan menggunakan permainan mokshapat pada mata pelajaran matematika materi bilangan desimal. Problem Solving merupakan suatu proses mental dan intelektual dalam menemukan masalah dalam suatu pembelajaran. Kemudian memecahkan masalah berdasarkan data serta informasi akurat, sehingga mampu mendapat kesimpulan dengan cermat dan cepat. Permainan Mokshapat adalah permainan tradisional yang berasal dari india kuno yang memiliki arti pengendalian diri. Pengendalian diri, jika diterapkan ke dalam kegiatan belajar mengajar permainan ini bisa meningkatkan konsentrasi, melatih pemecahan masalah yang akan diterapkan pada materi bilangan desimal. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas 4 SD N Demaan dengan subjek penelitian 7 siswa dan 1 guru yang berlangsung selama 2 siklus. Pada siklus I terdiri dari 3 pertemuan sedangkan pada siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Teknik pengumpulan data meliputi teknik observaasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan menggunkan data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian keterampilan mengajar guru pada siklus I diperoleh hasil observasi mencapai 91 dengan presentase 66,91% dan dalam kualifikasi baik. Pada siklus II hasil observasi diperoleh total skor mencapai 114 dengan presentase 83,82% dan dalam kualifikasi sangat baik. Sedangkan pada siklus I kemampuan berfikir kritis mencapai ketuntasan klasikal sebesar 71,4% dengan rata-rata nilai 75, kemudian pada siklus II kemampuan berfikir kritis meningkat mencapai ketuntasan klasikal sebesar 85,7% dengan rata-rata nilai 80,7. Penelitian ini guru hendaknya dapat menerapkan model pembelajaran Problem Solving dengan metode permainan Mokshapat pada mata pelajaran matematika materi bilangan desimal agar menjadi lebih menarik dan tidak membosankan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Siti Masfu’ah,M.Pd, selaku dosen pembimbing 1 M. Syafruddin Kuryanto,S.Si., M.Or selaku dosen pembimbing 2
Kata Kunci: Kemampuan Berfikir Kritis, Problem Solving, Permainan Mokshapat.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Aug 2024 23:39
Last Modified: 04 Aug 2024 23:39
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21806

Actions (login required)

View Item View Item