PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA SISWA KELAS IV SD N NGALURAN 3 DEMAK TAHUN PELAJARAN 2012/2013

CANDRA PUSPITA, DWI (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA SISWA KELAS IV SD N NGALURAN 3 DEMAK TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (HAL JUDUL) - Accepted Version
Download (3557Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (BAB I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (1141Kb) | Request a copy
      [img] PDF (BAB II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (1991Kb) | Request a copy
        [img] PDF (BAB III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (1892Kb) | Request a copy
          [img] PDF (BAB IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (5Mb) | Request a copy
            [img] PDF (BAB V) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (1335Kb) | Request a copy
              [img] PDF (BAB VI) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (220Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (DAFTAR PUSTAKA) - Accepted Version
                Download (325Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (LAMPIRAN) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (37Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan hasil belajar Matematika siswa yang rendah. Permasalahan tersebut terdapat pada siswa kelas IV SD N Ngaluran 3 yang juga sebagai subyek penelitian. Rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika ditandai dengan masih banyaknya siswa (44%) tidak tuntas dari KKM (65) yang telah ditentukan. Pelaksanaan pembelajaran yang diterapkan di kelas masih menggunakan pembelajaran langsung. Guru menerangkan materi pembelajaran dan siswa secara pasif menerima penjelasan guru. Hal ini menyebabkan siswa mudah jenuh dan kurang antusias dalam kegiatan pembelajaran sehingga hasil belajarnya rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa dan keterampilan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam mata pelajaran Matematika pada materi jaring-jaring kubus dan balok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Data diperoleh dengan menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Pendidikan Matemtika Realistik Indonesia (PMRI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa dan pengelolaan pembelajaran guru. Hal itu dapat dilihat dari terpenuhinya indikator keberhasilan dalam penelitian ini sebagai berikut. (1) Nilai dari tes hasil belajar matematika siswa dapat mencapai KKM yang ditentukan yaitu 65 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal pada kondisi awal sebesar 56% meningkat pada siklus I menjadi 78% dan 87,5% pada siklus II. (2) Skor rata-rata aktivitas belajar matematika siswa dalam pembelajaran memperoleh skor rata-rata 2,9 dengan kategori baik pada siklus I dan meningkat menjadi 3,5 dengan kategori sangat baik pada siklus II. (3) Skor rata-rata kemampuan guru dalam pengelolaan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran PMRI memperoleh skor rata-rata 2,9 dengan kategori baik pada siklus I dan meningkat menjadi 3,6 dengan kategori sangat baik pada siklus II. Berdasarkan penelitian ini, saran yang dapat peneliti berikan adalah dalam menerapkan pendekatan pembelajaran PMRI hendaknya dapat mempersiapkan kemampuan dan memilih konteks yang sesuai serta merencanakan kegiatan pembelajaran dengan baik.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing (I) : Dr. Sukiman, M.Pd., pembimbing (II) :Henry Suryo Bintoro, S.Pd, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI).
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: Ririn Mela Safitri
                    Tanggal Deposit: 27 Mar 2014 10:26
                    Last Modified: 27 Mar 2014 10:26
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2181

                    Actions (login required)

                    View Item