PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA SISWA KELAS IV SD N NGALURAN 3 DEMAK TAHUN PELAJARAN 2012/2013

CANDRA PUSPITA, DWI (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA SISWA KELAS IV SD N NGALURAN 3 DEMAK TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL  JUDUL]
Preview
PDF (HAL JUDUL)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] PDF (BAB VI)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (333kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (39MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan hasil belajar Matematika siswa yang rendah. Permasalahan tersebut terdapat pada siswa kelas IV SD N Ngaluran 3 yang juga sebagai subyek penelitian. Rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika ditandai dengan masih banyaknya siswa (44%) tidak tuntas dari KKM (65) yang telah ditentukan. Pelaksanaan pembelajaran yang diterapkan di kelas masih menggunakan pembelajaran langsung. Guru menerangkan materi pembelajaran dan siswa secara pasif menerima penjelasan guru. Hal ini menyebabkan siswa mudah jenuh dan kurang antusias dalam kegiatan pembelajaran sehingga hasil belajarnya rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa dan keterampilan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam mata pelajaran Matematika pada materi jaring-jaring kubus dan balok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Data diperoleh dengan menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Pendidikan Matemtika Realistik Indonesia (PMRI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa dan pengelolaan pembelajaran guru. Hal itu dapat dilihat dari terpenuhinya indikator keberhasilan dalam penelitian ini sebagai berikut. (1) Nilai dari tes hasil belajar matematika siswa dapat mencapai KKM yang ditentukan yaitu 65 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal pada kondisi awal sebesar 56% meningkat pada siklus I menjadi 78% dan 87,5% pada siklus II. (2) Skor rata-rata aktivitas belajar matematika siswa dalam pembelajaran memperoleh skor rata-rata 2,9 dengan kategori baik pada siklus I dan meningkat menjadi 3,5 dengan kategori sangat baik pada siklus II. (3) Skor rata-rata kemampuan guru dalam pengelolaan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran PMRI memperoleh skor rata-rata 2,9 dengan kategori baik pada siklus I dan meningkat menjadi 3,6 dengan kategori sangat baik pada siklus II. Berdasarkan penelitian ini, saran yang dapat peneliti berikan adalah dalam menerapkan pendekatan pembelajaran PMRI hendaknya dapat mempersiapkan kemampuan dan memilih konteks yang sesuai serta merencanakan kegiatan pembelajaran dengan baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing (I) : Dr. Sukiman, M.Pd., pembimbing (II) :Henry Suryo Bintoro, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI).
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ririn Mela Safitri
Date Deposited: 27 Mar 2014 03:26
Last Modified: 27 Mar 2014 03:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/2181

Actions (login required)

View Item View Item