Pengembangan e-modul matematika berbasis pendekatan realistic mathematics education yang beriorientasi pada kemampuan berpikir Kritis siswa kelas v sekolah dasar

Anisa,, Hanifatul (2024) Pengembangan e-modul matematika berbasis pendekatan realistic mathematics education yang beriorientasi pada kemampuan berpikir Kritis siswa kelas v sekolah dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (759kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (935kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy

Abstrak

Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SD N 3 Adiwarno, ditemukan permasalahan yang terjadi yaitu bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran matematika kurang interaktif sehingga kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan desain, tingkat kelayakan, dan tingkat keefektifan dari pengembangan e-modul matematika berbasis model pembelajaran Realistic Mathematics Education yang beriorientasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas V sekolah dasar. E-Modul (elektronik modul) adalah media belajar atau bahan ajar berbentuk digital yang dikemas secara interaktif menarik dan mudah dimengerti oleh siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Pendekatan RME adalah pendekatan pembelajaran matematika yang menghubungkan permasalahan matematika dalam kehidupan sehari-hari sehingga mempermudah siswa menerima materi melalui pengalaman langsung. Kemampuan berpikir kritis adalah suatu aktivitas belajar dengan cara berpikir logis untuk menganalisis suatu informasi berdasarkan bukti, sehingga menghasilkan suatu keputusan atau simpulan yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development atau R&D), yang terdiri dari 7 tahapan pengembangan yaitu: (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD N 3 Adiwarno. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, uji validasi menunjukkan persentase yang sangat baik, yaitu 93,23% (ahli media), dan 92,34% (ahli materi). Sedangkan hasil uji N-Gain diketahui nilai mean atau rata-rata mencapai 0,44, jadi menurut dasar pengambilan keputusan dari interpretasi Gain ternormalisasi, hasil uji N-Gain mencapai kriteria “sedang”. Hal ini menunjukkan peningkatan nilai siswa setelah menggunakan e-modul tersebut. Analisis lembar pendapat siswa juga memberikan respons positif dengan persentase 90,47%, masuk dalam kategori sangat baik. Dengan demikian, e-modul berbasis RME sangat layak digunakan siswa dalam pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini adalah e-modul berbasis RME sangat layak digunakan dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD karena lebih bermakna, menyenangkan dan bervariasi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dr. Sumaji, S.Pd., M.Pd. (Pembimbing I) Lovika Ardana Riswari, S.Pd., M.Pd. (Pembimbing II)
Kata Kunci: : E-Modul, Pendekatan Realistic Mathematics Education, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Aug 2024 23:58
Last Modified: 04 Aug 2024 23:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21812

Actions (login required)

View Item View Item