Pengembangan media putra jawa untuk meningkatkan keterampilan menulis aksara jawa siswa kelas iv sdn tompomulyo 02

YULIYANTI, SILVINA (2024) Pengembangan media putra jawa untuk meningkatkan keterampilan menulis aksara jawa siswa kelas iv sdn tompomulyo 02. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (769kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (821kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (763kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy

Abstrak

Proses pembelajaran yang dilaksanakan seorang guru sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Proses pembelajaran yang monoton dan konvensional menggunakan metode ceramah dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa, selain itu kurangnya peran media pembelajaran dalam proses pembelajaran juga dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemui di SDN Tompomulyo 02 Kecamatan Batangan Kabupaten Pati, bahwa hasil belajar siswa masih rendah terutama dalam pembelajaran Bahasa Jawa materi aksara jawa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pengembangan media, kelayakan, dan efektifitas penerapan media PUTRA JAWA untuk meningkatkan keterampilan menulis Aksara Jawa siswa kelas IV SDN Tompomulyo 02. Media PUTRA JAWA merupakan media permainan ular tangga Aksara Jawa yang dimainkan oleh dua orang atau lebih, dapat mendidik anak untuk berkompetisi dan bekerja sama. Di dalam media permainan ular tangga Aksara Jawa ini nantinya ada kartu pertanyaan yang harus dijawab oleh masing-masing kelompok dan kelompok yang sampai finish lebih awal serta mendapat point lebih banyak akan menang permainan. Penelitian ini akan dilaksanakan di kelas IV SDN Tompomulyo 02 Kecamatan Batangan Kabupaten Pati dengan subjek penelitian 29 siswa dan guru kelas yang berlangsung selama 2 pertemuan yaitu uji coba skala terbatas dan uji coba skala luas. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah ketrampilan menulis Aksara Jawa sedangkan variabel bebas dalam penelitian ini adalah Media PUTRA JAWA. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu RND menggunakan model ADDIE untuk pengembangannya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini membuktikan bahwa media PUTRA JAWA sangat layak diterapkan di kelas IV SDN Tompomulyo 02 serta sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis Aksara Jawa siswa kelas IV. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata validasi media sebesar 100% dan validasi materi sebesar 92,36% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Serta hasil skor uji N-Gain pada uji coba skala terbatas dan skala luas masing-masing sebesar 0,711 dan 0,722 yang termasuk dalam kategori tinggi. Dengan adanya penelitian ini hendaknya guru dapat menerapkan pembelajaran yang menarik dengan bantuan media PUTRA JAWA sehingga siswa dapat memahami materi Aksara Jawa dengan mudah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:M. Syaffruddin Kuryanto, S.Si, M.Or DOSEN PEMBIMBING 2:Much Arsyad Fardani, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Media PUTRA JAWA, Keterampilan Menulis, Aksara Jawa
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Aug 2024 18:48
Last Modified: 05 Aug 2024 18:48
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21828

Actions (login required)

View Item View Item